Jalan Kaki Turunkan Risiko Kanker Payudara bagi Wanita Menopause

Senin, 24 Juli 2017 - 02:30 WIB
Jalan Kaki Turunkan Risiko Kanker Payudara bagi Wanita Menopause
Jalan Kaki Turunkan Risiko Kanker Payudara bagi Wanita Menopause
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan manfaat jalan kaki. Aktivitas ini tak hanya mampu menurunkan berat badan, namun juga terbukti efektif bisa membantu menurunkan risiko terserang penyakit kanker payudara.

Dilansir dari CNN, penelitian yang dilakukan oleh Dr Anne McTiernan menjelaskan, bahwa penyakit mematikan ini bisa dicegah dengan aktivitas fisik. Pada wanita menopause, aktivitas fisik seperti jalan kaki pun terbukti efektif mampu menurunkan risiko kanker payudara.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian lainnya. Dengan rutin melakukan aktivitas fisik, bisa menurunkan risiko kanker hingga mencapai 20—30%. Kanker payudara menjadi pembunuh nomer satu wanita di dunia.

Penyakit ini pun bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari gen hingga gaya hidup tak sehat. Sementara untuk menghindari kanker payudara, McTiernan menyarankan untuk melakukan beberapa hal.

Mulai dari menjaga berat badan tetap normal dan tidak berlebihan, rutin berolahraga minimal 150 menit setiap minggu dengan intensitas dan rutinitas tetap, tidak mengonsumsi alkohol, perbanyak konsumsi buah dan sayuran hingga mengurangi konsumsi gula serta karbohidrat olahan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4859 seconds (0.1#10.140)