Waspadai Dehidrasi hingga Masalah Pernapasan, Lansia Diminta Rutin Kontrol Kesehatan saat Cuaca Panas

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 05:00 WIB
loading...
Waspadai Dehidrasi hingga Masalah Pernapasan, Lansia Diminta Rutin Kontrol Kesehatan saat Cuaca Panas
Kaum lansia, terutama yang masuk dalam kategori rentan disarankan untuk rutin kontrol kesehatan saat cuaca panas. Foto/ choosecomforthome.
A A A
JAKARTA - Kaum lanjut usia (lansia), terutama yang masuk dalam kategori rentan disarankan untuk rutin kontrol kesehatan saat cuaca panas.

Pasalnya, banyak penyakit yang akan dialami lansia saat cuaca panas, seperti dehidrasi, masalah pernapasan hingga memperburuk penyakit bawaan.



Untuk mengantisipasi hal itu, Dokter sekaligus Epidemiolog dan Peneliti Indonesia Universitas Griffith Australia, dr Dicky Budiman mengimbau kepada para lansia untuk rutin mengontrol kesehatan saat cuaca panas.

“Konsultasi ke dokter agar kesehatan terjaga. Apalagi kalau punya hipertensi harus diukur secara rutin tekanan darah,” ujar dr Dicky saat dihubungi MNC Portal, baru-baru ini.

Selain itu, dr Dicky mengatakan untuk memastikan para lansia mendapat asupan air yang cukup agar terhindar dari dehidrasi.

“Terus juga pastikan sirkulasi di rumah bagus. Kalau perlu gunakan air purifyer untuk tetap menjaga kebersihan udara di dalam ruangan,” tuturnya.



Lebih lanjut dr Dicky mengatakan saat kondisi panas seperti ini, lansia, anak-anak, dan wanita hamil yang masuk dalam kategori rentan harus memiliki kewaspadaan untuk memitigasi dampak terutama dari gelombang dan cuaca panas.

“Publik health campaign jadi sangat penting dilakukan oleh pemerintah karena dunia ini memburuk. Masyarakat di dunia nggak mau berubah dalam mencegah perburukan situasi, jadi kita harus tingkatkan literasi,” ucap dia.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1789 seconds (0.1#10.140)