6 Alasan Kucing Suka Pipi dan Dagunya Digaruk, Salah Satunya Cari Perhatian

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 13:24 WIB
loading...
6 Alasan Kucing Suka Pipi dan Dagunya Digaruk, Salah Satunya Cari Perhatian
Ada beberapa alasan kucing suka pipi dan dagunya digaruk. Menggaruk pipi atau dagu kucing akan membuat aroma Anda bercampur, sehingga membuatnya bahagia. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa alasan kucing suka pipi dan dagunya digaruk yang ternyata memberikan banyak manfaat bagi hewan peliharaan Anda. Menggaruk pipi atau dagu kucing akan membuat aroma Anda bercampur dengan aromanya, sehingga membuatnya semakin bahagia.

Di sisi lain, menggaruk dagu kucing juga baik untuk kesehatan Anda. Faktanya, jika kucing mendengkur saat Anda menggaruknya, itu lebih baik. Penelitian telah menemukan bahwa mendengkur baik untuk kesehatan kucing.

Di mana hal ini dapat memperkuat tulang dan otot kucing, membantu menyembuhkan cedera, dan menenangkan. Berikut alasan lain kucing suka digaruk pada pipi dan dagunya dilansir dari The Dog People, Jumat (13/10/2023).

Alasan Kucing Suka Pipi dan Dagunya Digaruk





1. Kucing Memiliki Feromon di Wajahnya


Feromon adalah komunikator aroma kecil yang dilepaskan dari kelenjar di seluruh tubuh. Feromon hanya dapat dideteksi oleh hewan dari spesies yang sama, seperti dalam komunikasi kucing-ke-kucing. Ada banyak kelenjar feromon di dan dekat wajah kucing, seperti di bawah dagu, di telinga bagian bawah, dahi, pipi, dan di sekitar mulutnya.

Saat menggaruk kucing di bawah dagu dan pipinya, mereka menutupi Anda dengan aromanya. Feromon kucing juga menandai wilayah, memberi petunjuk tentang identitas kucing, menciptakan keakraban, meningkatkan ikatan, memberi sinyal kepada pasangan seksual, membantu ikatan ibu dan anak kucing, menenangkan diri, menandakan kebahagiaan, dan menunjukkan stres atau ketakutan.

“Mereka memberi tahu Anda bahwa mereka nyaman berada di dekat Anda dan menerima Anda sebagai bagian dari kelompoknya,” kata Samantha Bell, pakar kucing di Best Friends Animal Society.

2. Kucing Mengira Anda Merawatnya


Bukan hanya berbagi feromon yang membangun ikatan antara kucing atau manusia. Kucing juga mengekspresikan rasa cintanya dengan merawat satu sama lain. Baik kucing menjilati Anda atau Anda sedang mengelus hewan berbulu tersebut, keduanya mewakili perawatan.

"Kucing Anda mungkin akan sangat menghargai saat Anda merawatnya di tempat yang tidak bisa dijilatnya sendiri seperti di bawah dagu atau di pipinya," jelas Bell.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1579 seconds (0.1#10.140)