5 Mitos Bra yang Lebih Baik Diabaikan, Bikin Payudara Kendur hingga Kena Kanker

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 22:03 WIB
loading...
5 Mitos Bra yang Lebih Baik Diabaikan, Bikin Payudara Kendur hingga Kena Kanker
Bra merupakan salah satu topik penting untuk dibicarakan. Pasalnya, banyak informasi tentang bra yang belum dipastikan kebenarannya. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA - Bra merupakan salah satu topik penting untuk dibicarakan, khususnya kaum wanita. Pasalnya, banyak sekali informasi tentang bra yang belum dipastikan kebenarannya.

Di momen No Bra Day atau Hari Tanpa Bra, ada baiknya mengulas lebih lanjut tentang mitos-mitos yang berkaitan dengan bra.

No Bra Day atau Hari Tanpa Bra merupakan bagian dari rangkaian peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia. Di hari ini, perempuan diajak untuk tidak mengenakan bra selama sehari sebagai bentuk kepedulian terhadap penyintas kanker payudara.



Lalu, apa saja mitos-mitos apa saja tentang bra yang tidak perlu lagi dipercaya? Berikut ini rangkuman informasinya dari Health Shots, Jumat (13/10/2023).

Mitos Pakai Bra

1. Tidur pakai bra bisa terkena kanker payudara

Tidak ada bukti bahwa memakai bra saat tidur meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Jika Anda merasa nyaman mengenakan bra saat tidur, Anda dapat melakukannya karena mengetahui bahwa bra tersebut tidak akan menyebabkan kanker. Anda tidak perlu khawatir sampai Anda mendeteksi adanya perubahan atau benjolan di payudara Anda.

2. Bra berkawat berrisiko kanker payudara

Beberapa penelitian pada 1990an menyatakan bahwa bra berkawat meningkatkan risiko kanker payudara dengan menjebak racun di payudara. Namun, tidak ada cukup bukti untuk mendukung pernyataan ini sehingga menggunakan bra berkawat meningkatkan risiko kanker adalah mitos.

3. Tidak pakai bra menyebabkan payudara kendur

Saat ini masih banyak perempuan yang percaya bahwa tidak memakai bra menyebabkan payudara kendur. Namun, hal tersebut tidak benar karena tanpa bra hanya membuat payudara Anda kembali ke bentuk aslinya dan tidak menyebabkan kendur.

4. Tali bra bisa menyebabkan sakit punggung

Tali bra menyebabkan sakit punggung merupakan mitos. Sebab, ukuran bra yang tepat akan memberikan kenyamanan, sedangkan ukuran bra yang salah dapat menyebabkan ketidaknyamanan. Jadi, jika Anda merasa bra punggung Anda sakit, inilah saatnya untuk memeriksa ukuran bra Anda.


5. Bra yang tepat dapat mencegah sakit pinggang

Mitos umum mengatakan bra yang tepat dapat memperbaiki postur tubuh atau mencegah sakit pinggang. Hal itu tidak benar. Manfaat memakai bra sebagian besar bersifat kosmetik dan tidak diketahui berdampak apa pun pada sakit pinggang.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)