Waspada! Ini 4 Dampak Pakai Bra Kawat yang Jarang Diketahui

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 14:35 WIB
loading...
Waspada! Ini 4 Dampak Pakai Bra Kawat yang Jarang Diketahui
Dampak memakai bra kawat untuk kesehatan jarang diketahui. Bertepatan dengan peringatan No Bra Day, penting meningkatkan kepedulian akan kesehatan payudara. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Dampak memakai bra kawat untuk kesehatan jarang diketahui banyak perempuan. Bertepatan dengan peringatan No Bra Day atau Hari Tanpa Bra yang diperingati pada 13 Oktober setiap tahunnya, penting untuk meningkatkan kepedulian akan kesehatan payudara.

No Bra Day sendiri mengajak para perempuan untuk tidak mengenakan bra sebagai bentuk kepedulian terhadap penyintas kanker payudara. Di mana selama ini, dipercaya informasi bahwa penggunaan bra kawat bisa memicu kanker payudara.

Namun, hal tersebut hanya mitos dan belum terbukti kebenarannya. Ahli Epidemiologi Griffith University Australia dr Dicky Budiman mengatakan sampai saat ini belum ada penelitian yang memastikan kaitan antara bra kawat dan kanker payudara.

Dampak Pakai Bra Kawat yang Jarang Diketahui



Berikut dampak memakai bra kawat untuk kesehatan dirangkum dari situs resmi Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Jumat (13/10/2023).



1. Mengganggu Sistem Pencernaan


Memakai bra kawat yang ketat berpotensi mempengaruhi sistem pencernaan dengan menyempitnya kerongkongan karena tekanan yang diberikan bra. Kondisi tersebut akan berdampak pada efisiensi lambung dalam mencerna makanan, khususnya karbohidrat.

2. Mengganggu Sirkulasi Darah


Memakai bra kawat yang terlalu ketat dalam jangka waktu lama bukanlah ide yang baik. Pasalnya, hal ini akan memberikan trauma pada bagian tengah dada yang akan merugikan jantung dan fungsi sirkulasi darah.

Memakai bra kawat yang terlalu ketat juga menciptakan bahaya bagi sirkulasi aliran darah antara bagian atas dan bagian bawah tubuh.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7758 seconds (0.1#10.140)