Kebiasaan Minum Kopi Sebabkan Berat Badan Bertambah, Mitos atau Fakta?

Minggu, 15 Oktober 2023 - 06:26 WIB
loading...
Kebiasaan Minum Kopi Sebabkan Berat Badan Bertambah, Mitos atau Fakta?
Menyeruput kopi bukan sekadar tren. Nyatanya, banyak sekali manfaat yang didapat dari mengonsumsi kopi. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kopi merupakan minuman hits masa kini. Terlihat dari banyaknya kedai kopi yang menjamur di Indonesia. Menyeruput kopi bukan sekadar tren. Nyatanya, banyak sekali manfaat yang didapat dari mengonsumsi kopi.

Salah satunya sebagai minuman yang mampu menurunkan berat badan. Namun, di samping itu, ternyata kopi juga bisa menyebabkan berat badan bertambah.

Kopi memang minuman penurun berat badan yang baik karena rendah kalori dan juga menawarkan tingkat energi yang tinggi. Namun, sama seperti makanan lain, konsumsi berlebihan dapat menimbulkan efek buruk tertentu, salah satunya penambahan berat badan.



Karena itu, mengutip laman Pinkvilla, Minggu (15/10/2023), berikut beberapa faktor terkait konsumsi kopi yang dapat menyebabkan penambahan berat badan.

1. Mengubah Pola Tidur

Secangkir kopi di siang hari untuk menambah energi mungkin merupakan pilihan yang baik. Namun, beberapa cangkir kopi dalam sehari, terutama di malam hari, dapat mempengaruhi pola dan kualitas tidur.

Kurang tidur pada gilirannya dapat menyebabkan peningkatan stres dan masalah kesehatan mental lain. Selain itu, kurang tidur juga mempengaruhi kognisi, memori, dan kinerja seseorang secara keseluruhan. Hal ini menyebabkan peningkatan stres oksidatif, intoleransi glukosa, dan resistensi insulin yang semuanya dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Selain itu, waktu bangun yang lebih lama memungkinkan lebih banyak kesempatan untuk makan, sehingga menyebabkan penambahan berat badan juga.

“Untuk menjamin istirahat malam yang tidak terganggu, umumnya disarankan untuk menghindari konsumsi kopi atau minuman berkafein lain setidaknya 6 jam sebelum tidur," beber Bella Carvosso, Ilmuwan Biomedis dan Ahli Gizi.

2. Memicu Respons Stres

Pada beberapa individu, konsumsi kafein berlebihan dapat memicu peningkatan stres yang menyebabkan pelepasan hormon kortisol. Hormon ini merangsang pemecahan metabolisme lemak dan karbohidrat untuk memberikan energi instan ke tubuh sehingga nafsu makan meningkat.

Oleh karena itu, hal ini dapat menyebabkan penumpukan lemak dan penambahan berat badan pada manusia.


3. Sebabkan Perubahan Kadar Gula Darah

Konsumsi kopi berlebihan, terutama bila dikombinasikan dengan makanan manis atau tinggi karbohidrat, dapat memengaruhi tingkat insulin dan berpotensi meningkatkan penyimpanan lemak. Tingginya jumlah gula darah dalam aliran darah memberi sinyal pada otak untuk menyimpannya sebagai lemak.

Hal ini secara perlahan akan menyebabkan penumpukan lemak dan penambahan berat badan yang lebih tinggi. Selain itu, menghilangkan lemak yang tersimpan jauh lebih menantang dan memakan waktu.

4. Campuran dalam Kopi

Jika Anda menambahkan gula, sirup rasa, krim, atau susu tinggi lemak ke dalam kopi, hal ini akan meningkatkan kandungan kalori sehingga berpotensi menambah berat badan. Banyak minuman kopi spesial di kafe dan kedai kopi yang tinggi kalori, gula, serta lemak tidak sehat, sehingga berkontribusi terhadap penambahan berat badan jika dikonsumsi secara teratur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4358 seconds (0.1#10.140)