Pepaya Baik untuk Pencernaan, Waspadai Efek Sampingnya

Minggu, 15 Oktober 2023 - 16:00 WIB
loading...
Pepaya Baik untuk Pencernaan, Waspadai Efek Sampingnya
Pepaya memiliki banyak manfaat. Namun, Anda harus waspada dengan efek samping buah ini. Foto/ shutterstock.
A A A
JAKARTA - Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki banyak manfaat dan mudah ditemui di Indonesia. Namun, Anda harus waspada dengan efek samping dari buah berwarna merah ini.

Diketahui, mengonsumsi pepaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, kanker hingga meningkatkan penyembuhan luka.

Namun, di balik manfaat tersebut ada beberapa bahaya atau efek samping jika mengonsumsi terlalu buah pepaya sehari-hari.



Mengutip Health Shots pada Minggu (15/10/2023), berikut ini efek samping pepaya yang harus Anda ketahui:

Efek Samping Buah Pepaya

1. Karotenemia

Jika dikonsumsi dalam jumlah banyak, beta-karoten pada pepaya dapat menyebabkan perubahan warna pada kulit yang secara medis disebut karotenemia. Beberapa bukti juga menyebutkan gejala lain, seperti bagian putih mata, telapak kaki, dan telapak tangan menguning, mirip dengan gejala penyakit kuning.

2. Penyakit pernapasan

Papain, enzim yang ada dalam pepaya, merupakan alergen yang kuat. Oleh karena itu, konsumsi pepaya yang berlebihan dapat memicu berbagai gangguan pernapasan, seperti pernafasan terhambat, sama, saluran hidung tersumbat terus menerus dan dada terasa sesak.

Jika Anda memiliki gangguan pernapasan, seperti asma atau kondisi alergi apa pun, harap berhati-hati saat mengonsumsi pepaya. Terkadang, serbuk sari dari bunganya bisa menempel di kulit pepaya.

3. Sakit perut

Pepaya terkenal sebagai buah yang baik untuk pencernaan tubuh. Namun, makan terlalu banyak pepaya mungkin mengganggu sistem pencernaan Anda sehingga menyebabkan sakit perut yang ditandai dengan kram perut dan iritasi. Keadaan ini bisa jadi disebabkan oleh kandungan lateks dalam buah pepaya. Selain itu, asupan pepaya berlebih juga dapat menyebabkan kram perut, kembung, dan mual.

4. Memperlambat detak jantung

Penderita gangguan jantung disarankan menghindari untuk mengonsumsi pepaya . Kandungan papain yang ada dalam buah berdaging oranye keemasan ini diperkirakan memperlambat laju detak jantung dengan cara yang berbahaya, sehingga mungkin memicu kondisi kardiovaskular yang serius. Namun, penelitiannya terbatas. Jika Anda memiliki masalah kardiovaskular, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi pepaya.


5. Membahayakan kandungan

Kebanyakan ahli kesehatan menyarankan ibu hamil untuk menghindari makan pepaya karena biji pepaya dapat membahayakan janin. Buah pepaya yang masih mentah memiliki konsentrasi lateks yang tinggi sehingga dapat menyebabkan kontraksi rahim. Komponen papain yang terdapat pada pepaya dapat merusak selaput tertentu dalam tubuh yang penting untuk perkembangan janin.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)