6 Efek Stevia sebagai Pemanis Alami, Pengganti Gula yang Menyehatkan?

Minggu, 15 Oktober 2023 - 10:07 WIB
loading...
6 Efek Stevia sebagai Pemanis Alami, Pengganti Gula yang Menyehatkan?
Stevia merupakan pemanis alami yang mulai disukai banyak orang sebagai pengganti gula. Benarkah lebih sehat? Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA - Stevia merupakan pemanis alami yang mulai disukai banyak orang sebagai pengganti gula . Benarkah lebih sehat?

Mengutip Pinkvilla pada Minggu (15/10/2023), stevia merupakan pemanis alami yang memiliki cita rasa 20 kali lebih manis dari gula, tetapi tidak memiliki kalori.

Ekstrak kasar Stevia merupakan pemanis yang ampuh untuk membantu mengontrol gula dalam darah. Hal ini membuat stevia memiliki reputasi yang baik di mata banyak orang dibanding dengan gula.



“Gula mendapat reputasi buruk karena beberapa alasan, terutama karena potensi dampak negatifnya terhadap kesehatan dan kesejahteraan. Beberapa alasan utama mengapa gula mempunyai reputasi negatif mencakup berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan masalah gigi," ucap Dt. Deepti Lokeshappa, Konsultan Senior, Ahli Gizi, dan Ahli Diet, Motherhood Hospital.

Walaupun demikian, ada beberapa efek samping penggunaan stevia yang perlu diketahui seperti berikut ini:

Efek Stevia

1. Mual dan muntah

Beberapa orang mungkin mengalami mual setelah mengonsumsi stevia daun utuh. Biasanya ini merupakan efek samping ringan dan hilang dengan sendirinya. Hal ini sering terjadi ketika Anda mencapai sisa rasa yang pahit.

Selain mual, dalam beberapa kasus stevia dapat menyebabkan muntah. Hal ini terjadi karena bahan kimia dalam tanaman mengiritasi lapisan usus sehingga menyebabkan muntah. Bisa juga karena reaksi alergi terhadap stevia.

2. Diare

Stevia juga dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya pada beberapa orang. Biasanya ini merupakan efek samping ringan dan hilang dengan sendirinya. Orang yang mengonsumsi tanaman ini secara berlebihan mungkin akan mengalami diare.

3. Rasa pahit

Senyawa yang memberikan rasa manis adalah Steviol Glikosida, kalau sudah habis daunnya terasa pahit. Stevia memiliki rasa yang sedikit pahit yang mungkin terasa tidak enak bagi sebagian orang. Ini adalah efek samping umum dari Stevia tetapi tidak menimbulkan risiko kesehatan.

4. Reaksi alergi

Meski jarang, beberapa orang mungkin alergi terhadap Stevia. Dalam kasus seperti itu, orang tersebut dapat mengalami efek buruk dan mengalami ruam atau kemerahan pada bibir dan wajah.


5. Gula darah rendah

Stevia dapat menurunkan kadar gula darah pada beberapa orang. Ini penting bagi penderita diabetes. Mereka biasanya meminum obat untuk mengontrol kadar gula darahnya, yang mungkin akan turun seiring dengan konsumsi stevia.

6. Interaksi dengan obat

Stevia dapat berinteraksi dengan beberapa obat, seperti Digoxin dan anti diabetes. Sisi sebaliknya adalah obat dan stevia dapat menurunkan gula darah hingga tingkat yang fatal.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1339 seconds (0.1#10.140)