3 Buah yang Tidak Boleh Diberikan ke Anak saat Batuk, Agar Cepat Sembuh

Selasa, 17 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
3 Buah yang Tidak Boleh Diberikan ke Anak saat Batuk, Agar Cepat Sembuh
Ada beberapa buah yang tidak boleh diberikan ke anak saat batuk. Meski terkenal menyehatkan, namun buah jenis ini bisa memperlambat penyembuhan si kecil. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada beberapa buah yang tidak boleh diberikan ke anak saat batuk . Meski umumnya terkenal menyehatkan, namun khususnya buah jenis ini bisa memperlambat penyembuhan si kecil.

Dokter Anak Dr Nihar Parekh menyarankan para orang tua untuk tidak memberikan stroberi, anggur dan leci kepada anak saat sedang batuk . Ini karena buah tersebut mengandung gula alami yang bisa menyebabkan bakteri tumbuh.

Stroberi, dikatakan Dr Parekh melepaskan histamin yang memicu batuk, memperburuk batuk yang sudah ada, atau bahkan menyebabkan batuk.

“Saya ingin semua anak-anak kita mulai hari ini berhenti makan stroberi, anggur, dan leci selama 15-20 hari ke depan untuk mengatasi batuk terus-menerus yang mengganggu ini,” kata Dr Parekh dilansir dari Times of India, Selasa (17/10/2023).



“Semua anak-anak di kota ini menderita batuk – batuk alergi, bronkitis, pneumonia, demam tinggi, radang amandel, dan infeksi telinga. Penyakit ini tidak henti-hentinya dan terus menerus,” tambahnya.

Di sisi lain, para dokter anak menyarankan untuk menghindari makanan yang diberi warna berlebihan, pemanis buatan, pewarna buatan, atau makanan dingin yang berlebihan. Menurutnya, suhu dingin membuat bakteri berkembang biak, sekaligus memungkinkan terjadinya infeksi.

Selain itu, makanan seperti es krim, coklat, permen, kue kering, donat, kue, stroberi, leci, anggur dan apapun yang dingin dari lemari es harus dihindari.

“Hentikan hal-hal ini, mari kita putuskan rantai batuk ini. Batuk ini terus-menerus dan agresif dan tidak ada yang berhasil,” jelasnya.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2192 seconds (0.1#10.140)