Emping Masuk Kamus Bahasa Inggris Tertua di Amerika Serikat, Merriam-Webster

Selasa, 17 Oktober 2023 - 22:07 WIB
loading...
Emping Masuk Kamus Bahasa Inggris Tertua di Amerika Serikat, Merriam-Webster
Emping merupakan makanan yang terbuat dari biji melinjo. Makanan ini masuk dalam kamus bahasa Inggris Merriam-Webster. Foto/ pinimg.
A A A
JAKARTA – Emping merupakan salah satu makanan yang terbuat dari biji melinjo. Kabar baiknya, makanan ini masuk dalam kamus bahasa Inggris tertua di Amerika Serikat, yakni Merriam-Webster.

Kata benda 'emping' atau 'empings' dalam bentuk jamak (plural) disematkan dalam kamus Merriam-Webster pada September 2023.



Dalam kamus bahasa Inggris Merriam-Webster, emping diartikan sebagai keripik yang terbuat dari biji melinjo.

Emping dibuat dengan cara dipipihkan dan dikeringkan. Emping memiliki tekstur yang renyah dengan sedikit rasa pahit yang khas.

Cara pembuatan emping sendiri cukup unik. Pertama biji melinjo dikupas dan dipisahkan dengan kulitnya. Kemudian dimasukkan ke dalam wajan besi yang berisi pasir halus kemudian dimasak hingga matang.

Setelah itu, biji melinjo kembali dibuka kulit bagian luarnya dan diambil dalamnya. Lalu biji melinjo ditumbuk hingga pipih dan dijemur di bawah sinar matahari. Untuk ukurannya sendiri beragam, ada yang besar dan kecil.

Emping banyak diproduksi beberapa wilayah di Indonesia, seperti Limpung, Kabupaten Klaten (Jawa Tengah), Bantul (Daerah Istimewa Yogyakarta), Magetan (Jawa Timur) dan Desa Karangtawang, Kabupaten Kuningan (Jawa Barat), Pidie (Aceh) hingga Sulawesi.



Untuk menikmati emping, kamu harus menggoreng terlebih dahulu di atas minyak yang panas hingga berwarna kecoklatan. Kemudian angkat dan hidangkan.

Di Indonesia, emping memiliki berbagai varian rasa, mulai dari polos atau original, asin, pedas, dan manis. Emping bisa dimakan langsung atau menjadi pendamping makanan seperti nasi uduk, sop buntut, soto, nasi goreng, laksa, hingga bubur ayam.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)
pixels