Pentingnya Keterlibatan Generasi Muda bagi Pembangunan Masa Depan, Bisa Dimulai dari Alam

Selasa, 17 Oktober 2023 - 23:31 WIB
loading...
Pentingnya Keterlibatan Generasi Muda bagi Pembangunan Masa Depan, Bisa Dimulai dari Alam
Membentuk seseorang, khususnya anak muda sangat penting dalam sebuah pembangunan masa depan. Foto/ YouTube.
A A A
JAKARTA - Membentuk seseorang, khususnya anak-anak muda sangat penting dalam sebuah pembangunan masa depan. Hal itu diungkap Digital Marketing Enthusiast Muhammad Daani Ghufron.

Dalam podcast Aksi Nyata bersama Partai Perindo bertemakan 'Lingkungan Penentu Masa Depan, Milenial Harus Berperan Bukan Baperan', dia mengungkap semua itu bisa dimulai dari alam. Sebab pembentukkan jati diri menjadi lebih baik dapat dibentuk dari lingkungan.

"Membentuk seseorang, penting. Karena yang membentuk gue sebenarnya main di kebon kan. Iya. Main dengan alam dan segala macam gitu ya," katanya.

Daani menyebut, salah satunya bisa dimulai dengan cara bertani. Yang mana menjadi petani dapat membentuk seseorang mulai dari nol, dan perlahan bisa bertumbuh seiring perjalanan yang dilakukan selama jadi petani.

Namun sayangnya, Daani melihat saat ini sebagian anak muda enggan menjadi petani. Beberapa menganggap, bahwa bertani hanya sekadar menyangkul dan mengurus kebun tanpa ada nilai lebih di dalamnya.

"Cuman gue berpikir, lingkungan apalagi di pertanian itu udah jarang banget dilihat oleh generasi-generasi kita gitu loh," ujarnya.

Menurutnya, sebagian anak muda di zaman sekarang lebih bangga bekerja di perkantoran atau start up yang dirasa memiliki gengsi lebih.

"Menurut gue, anak-anak muda sekarang itu lebih suka yang digitalisasi dan lain-lain gitu loh. Sampai akhirnya mereka terkadang lupa gitu," terangnya.

Oleh karena itu, Daani tengah memperjuangkan agar generasi-generasi muda bisa mengambil kesempatan yang tak banyak dipikirkan oleh orang lain.

Tak hanya itu saja, ia juga menilai antara digitalisasi dan pertanian bisa digabungkan atau dikolaborasi. Sehingga nantinya dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa, serta dapat membentuk pribadi lebih baik di masa depan.

"Kalau memang bisa diintegrasikan dengan baik. Ya itu yang sekarang gue lagi coba kembangkan dan coba perjuangkan. Itu gimana sih caranya, generasi kita ini masih keep in touch dengan dunia agribusiness gitu loh. Mau itu dari awal atau udah dihilirisasinya, tapi tetap keep in touch di situ. Jadi apa yang membentuk lo dan menjadikan lo, seperti hari ini adalah lingkungan lo," pungkasnya.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1351 seconds (0.1#10.140)