Mengenal Penyebab, dan Gejala Epilepsi yang Diidap Amanda Manopo

Rabu, 18 Oktober 2023 - 10:29 WIB
loading...
Mengenal Penyebab, dan Gejala Epilepsi yang Diidap Amanda Manopo
Amanda Manopo mengungkap mengidap epilepsi. Penyakit ini kerap kambuh saat artis 23 tahun tersebut merasa kelelahan hingga kejang akibat jadwal pekerjaan. Foto/Instagram Amanda Manopo
A A A
JAKARTA - Amanda Manopo mengungkap mengidap epilepsi . Penyakit ini kerap kambuh saat artis 23 tahun tersebut merasa kelelahan hingga kejang akibat jadwal pekerjaan yang padat.

Bahkan, epilepsi yang diidap Amanda sempat membuatnya nyaris meninggal dunia. Ini karena saat bintang film Indigo itu kejang, jalur pernapasannya tersedak.

"Gue epilepsi, jadi kalau capek banget dan diforsir terus gue tumbang," kata Amanda dikutip dari kanal YouTube Kemal Pahlevi, Rabu (18/10/2023).

"Pernah nyaris meninggal karena pas kejang jalur nafas gue tersedak," tambahnya.



Dilansir dari Mayo Clinic, epilepsi merupakan suatu kondisi di otak yang mengalami kejang secara berulang. Ada banyak jenis epilepsi. Pada beberapa orang, penyebabnya dapat diketahui.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit diperkirakan 1,2 persen orang di Amerika Serikat menderita epilepsi aktif. Penyakit ini bisa memengaruhi orang-orang dari semua jenis kelamin, ras, latar belakang etnis dan usia.

Gejala Epilepsi



Sementara itu, gejala epilepsi sangat beragam dan tergantung jenis kejangnya. Ini karena epilepsi disebabkan oleh aktivitas tertentu di otak, kejang dapat mempengaruhi proses otak apapun.

Namun, biasanya gejala epilepsi sendiri seperti otot kaku, merasa bingung sementara, penurunan kesadaran, gejala psikologis seperti ketakutan, kecemasan, hingga deja vu, dan juga perubahan perilaku.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)