5 Gejala Kanker Payudara pada Pria, Kenali sebelum Terlambat

Jum'at, 20 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
5 Gejala Kanker Payudara pada Pria, Kenali sebelum Terlambat
Gejala kanker payudara pada pria yang sangat beragam. Menurut statistik, risiko pria terkena kanker payudara dalam hidupnya adalah sekitar 1 per 1.000 orang. Foto/The Guardian Nigeria
A A A
JAKARTA - Gejala kanker payudara pada pria yang sangat beragam penting untuk diketahui sebelum terlambat. Menurut statistik, risiko seorang pria terkena kanker payudara dalam hidupnya adalah sekitar 1 per 1.000 orang.

Pria tidak memiliki protokol skrining seperti perempuan, yang secara rutin menjalani mamografi untuk deteksi dini kanker payudara . Kurangnya kesadaran, ditambah dengan tidak adanya pemeriksaan rutin, seringkali membuat pria mengabaikan perubahan pada payudaranya.

Ketidaktahuan ini terbukti berbahaya. Ini karena respons yang tertunda sering kali menyebabkan kanker mencapai stadium kritis sebelum intervensi medis dapat dilakukan. Sehingga pria juga perlu memahami gejala kanker payudara.

Gejala Kanker Payudara pada Pria



Berikut gejala kanker payudara pada pria dilansir dari Times of India, Jumat (20/10/2023).



1. Benjolan di Payudara


Vinay Bhatia selaku Kepala Lab Referensi Nasional Biologi Molekuler, Oncquest Laboratories Limited, Gurugram mengatakan gejala paling umum kanker payudara pada pria adalah ditemukannya benjolan di dalam jaringan payudara.

Benjolan ini seringkali tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga membuat pria mengabaikannya pada awalnya. Namun, perubahan apa pun yang tidak biasa di area payudara, termasuk pembengkakan, penebalan, atau lesung pipit pada kulit, tidak boleh diabaikan.

2. Kelainan Puting


Pria harus memperhatikan perubahan pada putingnya. Pendarahan, keluarnya cairan (selain ASI), atau puting terbalik merupakan indikator potensial kanker payudara. Perubahan apa pun yang tidak dapat dijelaskan pada tampilan atau tekstur puting harus segera dikonsultasikan dengan dokter.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1949 seconds (0.1#10.140)