Telinga Anda Serasa Kemasukan Air? Waspadai Gejala Awal Kanker Nasofaring

Kamis, 19 Oktober 2023 - 18:48 WIB
loading...
A A A


Angka Kejadian

Dari banyak daerah di Jawa Timur, kata Prof Romdhoni, Surabaya menjadi daerah dengan jumlah pasien terbanyak. Jumlahnya bisa 200 orang per tahun. Dan dari jumlah itu, 70 persen datang dalam kondisi sudah stadium tiga atau empat.

Kanker nasofaring adakah kanker yang kasusnya sangat banyak yang terjadi di kepala dan leher, bahkan mencapai 70 persen kasus. Sisanya bisa kanker sinus di hidung dan kanker pita suara.

Dia mengatakan, dari banyak pasien yang diteliti, ada tiga faktor penyebabnya yakni genetik, lingkungan, dan virus.

Biasanya ketiganya saling terkait. Tidak bisa karena satu dari tiga faktor namun harus ada ketiganya.

"Faktor genetik ya karena gennya sendiri. Kalau virus juga karena masuknya virus. Sedangkan lingkungan karena apa yang dikonsumsi sehari-hari. Misalnya suka makan makanan yang diasinkan misal ikan asin, telur asin, dan sebagainya," tuturnya.

Kandungan zat yang terbentuk akibat pengasinan itu yakni nitro samin. Itu akan mempengaruhi proses metabolisme sel hingga menjadi tidak normal dan terjadi mutasi. Dan mutasi ini yang bisa menjadi kanker.

Mantan Direktur Rumah Sakit Islam (RSI) Surabaya Jemursari itu mendorong peningkatan awarness para ahli untuk mendeteksi dini penyakit ini. Adanya alat-alat canggih yang menunjang juga sangat dibutuhkan. Selain itu menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk mendeteksi dini penyakit tersebut
(tsa)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5230 seconds (0.1#10.140)