5 Tempat Wisata Dingin di Jawa Timur, Bromo hingga Trawas

Minggu, 22 Oktober 2023 - 08:02 WIB
loading...
5 Tempat Wisata Dingin di Jawa Timur, Bromo hingga Trawas
Terdapat beberapa tempat wisata dingin di Jawa Timur. Umumnya lokasi wisata ini terletak di dataran tinggi ataupun kawasan pegunungan, yang tentu saja memiliki panorama alam nan indah dan berhawa sejuk. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Terdapat beberapa tempat wisata dingin di Jawa Timur. Umumnya lokasi wisata ini terletak di dataran tinggi ataupun kawasan pegunungan, yang tentu saja memiliki panorama alam nan indah dan berhawa sejuk.

Mungkin tak banyak yang tahu kalau Jawa Timur merupakan provinsi terdingin di Indonesia. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang dihimpun Badan Pusat Statistik (BPS) dalam laporan Statistik Indonesia 2023, ternyata Jawa Timur memang menjadi provinsi paling dingin di Indonesia.

Menurut laporan tersebut, sepanjang tahun 2022, Jawa Timur memiliki suhu rata-rata 24,99 derajat celcius, yang merupakan suhu rata-rata terendah dibandingkan provinsi-provinsi lain di Indonesia.



Tercatat, tahun lalu suhu rata-rata terendah di Jawa Timur adalah 14,6 derajat celsius. Sementara suhu tertingginya 31,4 derajat celsius. Suhu rata-rata yang rendah itu tentu saja dirasakan di sejumlah tempat wisata berbasis alam.

Berikut tempat wisata di Jawa Timur yang suhunya rendah alias dingin, yang dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (22/10/2023).

Tempat Wisata Dingin di Jawa Timur

1. Gunung Bromo

5 Tempat Wisata Dingin di Jawa Timur, Bromo hingga Trawas

Foto/iStock

Tempat wisata dingin di Jawa Timur yang pertama tentu saja Gunung Bromo. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten yakni Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang.

Kawasan Gunung Bromo memiliki suhu udara yang sangat rendah mencapai 2-6 derajat celsius. Saking dingin, di kawasan ini bahkan kerap muncul salju pada saat pagi hari.

Di Gunung Bromo, wisatawan bisa menikmati keindahan alam yang asri dan melihat matahari terbit di pagi hari. Atau, jika ingin menikmati salju di Gunung Bromo, Anda bisa datang sebelum matahari terbit.

2. Kawah Ijen

5 Tempat Wisata Dingin di Jawa Timur, Bromo hingga Trawas

Foto/iStock

Lalu ada Kawah Ijen. Kawah Ijen merupakan destinasi wisata alam berupa danau asam yang warnanya hijau kebiruan. Kawah ini memiliki diameter 700 meter dan luas mencapai 5.466 hektar.

Danau ini terbentuk secara alami akibat letusan Gunung Ijen yang masih aktif hingga akhirnya membentuk lekukan besar dan menjadi sebuah danau.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)