5 Makanan Ini Bantu Redakan Mual Asam Lambung, Manjur untuk Hindari Keparahan

Senin, 23 Oktober 2023 - 09:08 WIB
loading...
5 Makanan Ini Bantu Redakan Mual Asam Lambung, Manjur untuk Hindari Keparahan
Sebelum asam lambung semakin parah, alangkah baik untuk segera diobati dengan menghubungi dokter. Namun, jika ada perasaan mual, jangan langsung menghindari semua makanan. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Ketika asam lambung atau maag kambuh, biasanya perut terasa mual. Jika hal tersebut terjadi, nafsu makan pun seketika langsung hilang. Sulit rasanya untuk menerima segala sesuatu masuk ke dalam mulut.

Bila hal itu didiamkan saja, tentu akan membahayakan tubuh karena semakin lemas hingga tidak dapat beraktivitas.

Sebagai contoh nyata yakni pemilik akun TikTok @indahkirei5. Akibat asam lambung yang cukup parah, berat badannya turun sampai 25 kg. Keadaan ini membuat ia terlihat sering berbaring tidur di kasur. Pemilik akun TikTok @indahkirei5 itu pun harus mengalami panas tinggi dan rasa mual secara berkala.



Sebelum asam lambung semakin parah, alangkah baik untuk segera diobati dengan menghubungi dokter. Namun, jika ada perasaan mual, jangan langsung menghindari semua makanan.

Cobalah mengonsumsi lima makanan yang bisa bantu meredakan mual asam lambung berikut ini, seperti dikutip dari laman Everyday Health, Senin (23/10/2023).

1. Apel

Sedikit serat akan membantu menghilangkan bahan kimia penyebab mual dari sistem pencernaan Anda, tetapi terlalu banyak serat dalam satu waktu juga dapat membuat Anda merasa lebih buruk.

“Serat memperlambat pencernaan sehingga memperlambat transit usus mungkin dapat membantu memperlancar pencernaan dan meredakan mual,” kata Erin Palinski-Wade, RD, CDCES , penulis Diet Lemak Perut untuk Dummies.

Tetapi Palinski-Wade memperingatkan bahwa serat juga dapat berdampak sebaliknya dan memicu peningkatan rasa mual.

"Saya tidak akan merekomendasikan makanan berserat tinggi sebagai obat mual dalam segala keadaan,” ujar Palinski-Wade.

Untuk itu, ia menyarankan untuk mengonsumsi apel utuh sebagai camilan. Namun, jika merasa kesulitan dalam mencerna buah apel, cobalah mengonsumsi jus apel kala sedang mual.

2. Biskuit

Makanan tinggi pati seperti roti dan biskuit mampu membantu menyerap asam lambung sekaligus menenangkan perut yang mual.

“Sifat biskuit yang hambar membantu memuaskan rasa lapar tanpa bau atau rasa menyengat yang dapat meningkatkan rasa mual,” kata Palinski-Wade.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2262 seconds (0.1#10.140)