Pesona Argosari, Desa di Atas Awan Kawasan Lumajang

Senin, 23 Oktober 2023 - 14:14 WIB
loading...
Pesona Argosari, Desa di Atas Awan Kawasan Lumajang
Argosari merupakan salah satu desa wisata di kawasan Lumajang, Jawa Timur. Foto/Visit Lumajang/M. Maulana Akbar
A A A
LUMAJANG - Argosari merupakan salah satu desa wisata di kawasan Lumajang, Jawa Timur. Terletak pada ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut (mdpl), desa ini kerap diselimuti awan. Tak ayal jika penamaan desa di atas awan begitu melekat dengan nama Argosari.

Dikutip dari laman Kemenparekraf.go.id, Senin (23/10/2023), Desa Wisata Argosari menjadi satu-satunya wisata tertinggi di Jawa Timur, yang biasa disebut dengan puncak B29. Desa Argosari merupakan tempat tinggal bagi suku Tengger yang dikenal kaya akan budaya dan adat istiadat.



Terletak di sisi tenggara Gunung Bromo, Desa Argosari menyuguhkan pemandangan yang spektakuler. Udaranya sangat sejuk, dikelilingi hamparan vegetasi hijau yang kian menyejukkan mata. Selain menggantungkan hidup pada pariwisata Gunung Bromo, masyarakat di desa ini juga memanfaatkan lahan di sekitar mereka untuk dijadikan kebun sayur-mayur.

Ketika melakukan perjalanan turun dari Gunung Bromo, Anda akan disuguhi pemandangan terasering nan memukau, yang ditanami berbagai tumbuhan khas dataran tinggi berupa bawang pre, kubis kentang dan wortel, serta buah strawberry. Menjadikan kawasan obyek wisata ini kian menawan dan luar biasa.
Pesona Argosari, Desa di Atas Awan Kawasan Lumajang

Foto/Kemenparekraf.go.id

Spot Indah

Terletak di dataran tinggi yang dikelilingi oleh gunung dan perbukitan, Agrosari menawarkan spot indah untuk mengagumi keindahan yang spektakuler, di antaranya sunrise, sunset, masjid tertinggi di Pulau Jawa, Kampung Nirwana, Bukit Danyangan, Mahameru, Tri Padma Mandala, dan masih banyak lagi.


Wisata Budaya

Bertandang ke Argosari tak sekadar mendapatkan ketenangan jiwa, tetapi bisa mengenal lebih dekat masyarakat suku Tengger, terutama tentang adat istiadat dan kebudayaan mereka. Sangat edukatif bukan?

Beberapa kebudayaan ini seperti pemakaian kain sarung dan udeng khas suku Tengger, selain itu juga ada tradisi atau ritual Ojung.

Lokasi

Desa di atas awan ini terletak di Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Jika memulai perjalanan dari alun-alun Lumajang, Anda akan menempuh waktu sekitar 2 jam.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3223 seconds (0.1#10.140)