5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh

Senin, 23 Oktober 2023 - 19:45 WIB
loading...
5 Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh
Ada beberapa cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol penumpukan plak di arteri koroner yang dapat mengganggu aliran darah ke jantung. Foto/Care From Nature
A A A
JAKARTA - Ada beberapa cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Kolesterol pada dasarnya adalah penumpukan plak di arteri koroner yang dapat mengganggu aliran darah kaya oksigen ke otot jantung.

Ada dua jenis kolesterol yakni kolesterol baik atau HDL dan kolesterol jahat atau LDL. Kolesterol baik diperlukan untuk mengangkut kelebihan kolesterol keluar dari arteri Anda. Sedangkan kolesterol jahat adalah penumpukan zat lilin yang tidak sehat di arteri.

Hal ini menghalangi oksigen dan aliran darah yang menyebabkan kondisi kesehatan yang parah seperti serangan jantung. Meskipun penting untuk menurunkan kolesterol jahat, meningkatkan kolesterol baik juga sama pentingnya.

Cara Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik dalam Tubuh



Berikut cara meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh dilansir dari India.com, Senin (23/10/2023).



1. Diet Sehat


Diet memainkan peran utama dalam penumpukan kolesterol. Penting untuk meningkatkan asupan lemak tak jenuh, asam lemak omega-3, serat makanan dan banyak lagi.

2. Tingkatkan Aktivitas Fisik


Gaya hidup yang tidak banyak bergerak adalah penyebab utama kolesterol jahat. Latihan fisik sangat penting untuk meningkatkan kadar kolesterol baik. Pembakaran kalori membantu menurunkan kolesterol jahat. Olahraga 30 menit setiap hari dapat meningkatkan kolesterol baik.

3. Manajemen Berat Badan


Mengelola berat badan sangat penting untuk menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh. Obesitas menyebabkan kolesterol tinggi yang selanjutnya meningkatkan risiko serangan jantung. Oleh karena itu, mengurangi lemak perut sangatlah penting.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1318 seconds (0.1#10.140)