Ciri-Ciri Beras Kualitas Baik untuk Konsumsi Harian Keluarga

Kamis, 26 Oktober 2023 - 14:14 WIB
loading...
Ciri-Ciri Beras Kualitas Baik untuk Konsumsi Harian Keluarga
Ketahui ciri-ciri beras berkualitas baik agar dapat menghasilkan nasi pulen yang enak disantap dengan lauk apa pun. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Buat konsumsi harian keluarga, jangan sembarangan pilih beras. Ketahui ciri-ciri beras berkualitas baik agar dapat menghasilkan nasi pulen yang enak disantap dengan lauk apa pun.

Lantas, seperti apa ciri-ciri beras berkualitas? Biar nggak salah pilih dan bisa makan dengan nasi yang enak, simak beberapa poin penting berikut ini!

Ciri-Ciri Beras Berkualitas Baik

1. Memiliki Aroma Khas

Beras yang berkualitas memiliki wangi khas dengan aroma beras maupun pandan. Sebaliknya, beras yang kurang bagus cenderung memiliki bau yang apek maupun terdapat aroma zat kimia.


2. Berwarna Putih Bening

Beras putih yang aman dikonsumsi adalah yang warnanya bening dan mengkilap. Anda juga perlu merasa curiga jika warna berasnya putih sekali atau putih pucat. Bulir beras alami tidak akan menempel di telapak tangan jika dilepaskan dari genggaman.

3. Beras Tidak Mudah Patah

Jika beras mudah hancur maka kondisinya biasanya kurang baik. Perhatikan juga butiran beras apakah banyak yang patah-patah atau bulir utuh. Beras yang kualitasnya baik biasanya sebagian besar berbentuk bulir utuh dan kokoh.

4. Bersih dari Gabah dan Kutu

Beras berkualitas baik umumnya bersih dari gabah, kerikil, maupun kutu. Sehingga, Anda dapat langsung mencucinya saat hendak memasak. Ini tentunya akan menghemat waktu karena Anda tak perlu lagi memilah beras.

5. Memiliki Harga Pasaran yang Sesuai

Banyak orang mudah tergiur dengan harga yang murah saat membeli beras. Namun, harga beras biasanya juga menandakan kualitas beras tersebut. Beras yang bagus dan berkualitas tentunya melalui proses produksi yang ketat dengan standar keamanan pangan yang tinggi, sehingga dari sisi harga pun akan berbeda dari beras-beras murah pada umumnya.

Poin lainnya yang nggak kalah penting, beli beras di toko terpercaya seperti AladinMall! Selain bisa dapat beras berkualitas, ada harga promo superhemat sekaligus gratis ongkir tanpa batas!

Promonya nggak cuma berlaku untuk beras, tapi Anda juga bisa dapat minyak goreng serta kecap dengan harga yang nggak kalah murah! Makanya, download aplikasi AladinMall di Google Play Store dan App Store sekarang!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1899 seconds (0.1#10.140)