Ini Bahaya jika Tubuh Kekurangan Vitamin B12, Mudah Lupa hingga Anemia

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 09:00 WIB
loading...
A A A
Kondisi ini juga dapat memengaruhi keseimbangan dan koordinasi sehingga membuat jalan menjadi tidak nyaman dan tidak stabil.

4. Mudah lupa

Vitamin B12 memainkan peran penting dalam kesehatan kognitif. Hal ini sangat diperlukan untuk produksi mielin, selubung pelindung di sekitar sel saraf yang meningkatkan transmisi sinyal secara efisien.

Kekurangan B12 dapat menyebabkan demielinasi, mempengaruhi fungsi kognitif seperti memori, konsentrasi, dan pemrosesan informasi. Kadar B12 yang rendah juga dikaitkan dengan gangguan mood, seperti depresi dan kecemasan, yang selanjutnya memengaruhi kesejahteraan kognitif.


5. Sulit untuk berjalan

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan neuropati perifer, suatu kondisi di mana saraf tepi, yang penting untuk kontrol otot dan sensasi pada anggota badan menjadi rusak. Hal ini dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa, dan kelemahan pada tungkai dan kaki sehingga memengaruhi keseimbangan dan koordinasi. Akibatnya, jalan kaki menjadi tidak stabil dan risiko terjatuh pun meningkat.

Tingkat B12 yang tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan saraf tepi, memastikan gaya berjalan yang stabil dan terkoordinasi, serta mencegah masalah mobilitas terkait kesulitan berjalan.
(tdy)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4088 seconds (0.1#10.140)