6 Kuliner Khas Banyumas, dari Makanan Ringan hingga Lauk Pendamping Nasi

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 07:00 WIB
loading...
6 Kuliner Khas Banyumas, dari Makanan Ringan hingga Lauk Pendamping Nasi
Kuliner khas Banyumas memiliki rasa yang menggoda, baik makanan ringan atau pendaming nasi. Foto/ istimewa.
A A A
JAKARTA – Kuliner khas Banyumas memiliki rasa yang menggoda. Itu sebab banyak disukai masyarakat Indonesia.

Salah satu Kabupaten di Jawa Tengah ini disebut-sebut sebagai surganya kuliner , mulai makanan ringan (snack) hingga kudapan yang kerap dijadikan lauk untuk makan berat.

Nah, dihimpun dari berbagai sumber, berikut ini enam makanan khas Banyumas yang dapat Anda coba saat berkunjung atau liburan ke wilayah satu ini.


Makanan Khas Banyumas

1. Gesret

Gesret juga termasuk bagian dari makanan khas dari Banyumas, hidangan satu ini tentunya tak boleh Anda lewatkan untuk dicoba ketika berkunjung ke kabupaten di Jawa Tengah tersebut.

Makanan ini terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan bumbu dan gula jawa. Bahan-bahan itu kemudian dikukus dan disajikan dengan taburan kelapa.

2. Jenang Jaket

Jenang jakete merupakan salah satu kuliner khas Banyumas. Rasanya manis dan legit, terbuat dari gula merah, santan, dan beras ketan.

Cara pembuatannya sendiri berbeda dengan jenang lainnya, karena ditambahkan vanili dan wijen sehingga aromanya menjadi lebih harum serta nikmat.

3. Tomplo

Lalu ada tomplo, makanan khas Banyumas ini terbuat dari bahan-bahan sederhana yaitu sisa pembuatan tahu atau juga dikenal dengan nama lain yaitu ranjem.

Sisa pembuatan tahu tersebut kemudian dicampur dengan bumbu, selanjutnya dicampur dengan bumbu dan kemudian dibentuk menjadi lingkaran. Adonan ini lalu dicelupkan ke campuran tepung terigu dan digoreng hingga teksturnya renyah.

4. Jalabiya

Saat Anda ke Banyumas jangan lupa mencoba salah satu makanan khasnya ini, yaitu jalabiya. Terbuat dari singkong yang sudah diparut dan kemudian diperas sari pati atau airnya.

Di mana sari pati tersebut kemudian dicampur dengan berbagai bahan lain dan dikukus. Rasanya pun manis dan gurih yang tentu enak, cocok dijadikan camilan atau teman minum kopi.


5. Nopia

Lalu ada nopia yaitu jajanan khas Banyumas yang bisa dijadikan oleh-oleh setelah berlibur di wilayah satu ini. Berbentuk bulat, sedangkan untuk teksturnya agak keras namun saat digigit akan terasa renyah.

Kemudian untuk rasanya sendiri terasa sedikit gurih bercampur manis dari adonan gula merah yang menjadi isiannya. Anda bisa mendapatkannya di toko oleh-oleh dengan berbagai macam isian dan juga toppingnya.

6. Lembutan

Sesuai dengan namanya, lembutan adalah hidangan dengan bahan utama berupa ikan lembutan. Ikan tersebut berasal dari tawar yang biasa ditemukan di sungai beberapa daerah, khususnya Banyumas.

Makanan ini bisa diolah dengan digoreng atau diberi bumbu pedas yang nikmat. Menariknya lagi, lembutan dapat dijadikan sebagai lauk pendamping nasi lho.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1346 seconds (0.1#10.140)