5 Minuman yang Bikin Melek dan Fokus Jalani Hari, Bukan Cuma Kopi

Kamis, 26 Oktober 2023 - 08:38 WIB
loading...
5 Minuman yang Bikin Melek dan Fokus Jalani Hari, Bukan Cuma Kopi
Rasa kantuk tentu tidak boleh didiamkan. Sebab, bisa membuat tubuh menjadi lemas hingga akhirnya tidak fokus untuk menjalani hari. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Rasa kantuk suka datang tiba-tiba. Bahkan saat bangun tidur di pagi hari, kita terkadang masih merasa ngantuk. Apakah Anda pernah merasakan hal seperti itu?

Rasa kantuk tentu tidak boleh didiamkan. Sebab, bisa membuat tubuh menjadi lemas hingga akhirnya tidak fokus untuk menjalani hari. Kalau sudah begitu, seseorang menjadi tidak produktif.

Untuk itu, rasa kantuk benar-benar harus diatasi. Caranya sangat mudah, yakni dengan mengonsumsi air minum. Namun, tentu tidak semua air bisa menghilangkan rasa kantuk.



Mengutip laman Times of India, Kamis (26/10/2023), berikut lima minuman yang bisa bikin Anda melek dan fokus.

1. Smoothie Hijau

Smoothie sangat cocok untuk menghilangkan ngantuk di pagi hari. Setelah tidur yang kurang nyenyak di malam hari, cara terbaik untuk memulai hari Anda adalah dengan menikmati smoothie hijau yang sehat.

Smoothie yang dibuat dengan sayuran hijau rendah gula, tinggi serat, dan bisa membuat Anda merasa segar. Selain itu, menurut para ahli, sayuran hijau kaya akan nutrisi penambah energi dan juga kaya akan zat besi yang membantu melawan kelelahan.

Caranya cukup dengan mencampurkan setengah buah alpukat, dua potong nanas, 10-12 lembar daun bayam, satu buah pisang, dan setengah gelas air kelapa.

2. Kopi Antipeluru

Kopi sudah terkenal sebagai minuman penahan rasa kantuk. Salah satu kopi yang kuat untuk menahan rasa kantuk yakni kopi antipeluru.

Telah terbukti bahwa kopi antipeluru mengekang nafsu makan dan meningkatkan tingkat energi dengan bantuan MCT (medium-chain triglycerides, sejenis lemak).

Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa kopi tidak hanya meningkatkan energi tetapi juga tingkatkan daya tahan.


3. Air Kelapa

Setelah sampai kantor, beberapa orang merasa kembali ngantuk karena lelah melakukan perjalanan ke kantor. Nah, salah satu cara yang dapat diandalkan untuk membuat mata kembali melek dan tubuh bersemangat, cobalah minum air kelapa.

4. Teh Hijau

Teh hijau terbukti kaya akan L-theanine, kafein serta antioksidan dan nutrisi lainnya. Kandungan tersebut memberikan energi instan dan semangat tanpa rasa gugup.

Para ahli berpendapat bahwa secangkir teh hijau memberikan peningkatan energi dan kekuatan otak yang berkelanjutan, dibandingkan dengan minuman panas lain.

5. Susu Emas

Jika susu dinilai bisa membuat seseorang merasa ngantuk, namun hal tersebut tidak berlaku untuk susu emas. Susu emas merupakan salah satu minuman asal India. Susu ini memiliki sifat antiinflamasi.

Untuk menyantap susu emas, Anda hanya perlu mencampurkan susu vanila dengan berbagai rempah-rempah seperti kunyit, susu panas, dan beberapa bumbu seperti merica, kayu manis, kapulaga, dan lain-lain.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1210 seconds (0.1#10.140)