Apa Itu Donor Darah Apheresis? Ini Penjelasan Ahli

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:43 WIB
loading...
Apa Itu Donor Darah Apheresis? Ini Penjelasan Ahli
Donor darah apheresis merupakan jenis donor darah khusus. Daripada memberikan satu liter darah, donor darah apheresis hanya memberikan komponen darah. Foto/YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Donor darah apheresis merupakan jenis donor darah khusus. Daripada memberikan satu liter darah utuh seperti pada donasi biasa, donor darah apheresis hanya memberikan komponen darah yang dibutuhkan pasien pada hari itu.

Head of Communications and Informastion Division of Yayasan Laskar Aferesis Mila Rahmania mengatakan donor darah memberikan banyak manfaat. Bahkan, sebanyak apapun uang yang dimiliki, tidak ada yang bisa menggantikan darah.

“Kita diberikan darah dari Tuhan secara gratis, kenapa nggak kita bantu,” kata Mila dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo , Jumat (27/10/2023)

Donor darah apheresis, dijelaskan Mila juga bisa membuat seseorang untuk lebih peduli terhadap kesehatan. Ini karena sebelum melakukan donor darah, biasanya akan dilakukan pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan proses donor.



Akan tetapi proses donornya pun terbilang berbeda dari kegiatan donor yang biasa dilakukan. Pada donor darah apheresis akan menggunakan mesin, yang mana hasilnya akhirnya berupa trombosit.

“Jadi pendonor nanti akan dihubungkan dengan needle, dan darah akan mengalir ke mesin. Kemudian spin sama mesinnya, lalu nanti dipisahkan komponennya, karena komponen itu berat massanya berbeda-beda,” jelasnya.

Sehingga, biasanya untuk di satu rumah sakit mmebutuhkan sekitar 400 kantong selama satu bulannya, dan akan diberikan kepada pasien kanker. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan juga untuk pasien lain yang memerlukan darah tersebut.

Untuk itu, Mila mengajak kepada masyarakat khususnya kalangan muda untuk tidak takut melakukan donor darah.



“Nah yang muda ini kan rentang waktunya masih lama gitu ya. Selalu kami tanamkan adalah yang muda berani donor kemudian berani donor itu baik, sakit dikit nggak apa-apa lah,” pungkasnya.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1337 seconds (0.1#10.140)