Mengenal Brain Freeze, Kasus Pria yang Mendadak Pusing Hebat setelah Makan Es Krim

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 19:35 WIB
loading...
Mengenal Brain Freeze, Kasus Pria yang Mendadak Pusing Hebat setelah Makan Es Krim
Viral seorang pria mendadak sakit kepala hebat usai makan es krim. Kondisi ini disebut brain freeze. Foto/ scmp.
A A A
JAKARTA – Sebuah video viral saat memperlihatkan seorang pria yang mendadak sakit kepala hebat usai makan es krim.

Dalam video yang diunggah akun @crazyclipsonly, pria tersebut menikmati es krim batangan dengan satu suapan.

Hanya dalam hitungan detik, pria tersebut mendadak merasakan sakit dibagian kepala. Dalam video yang telah ditonton 17,5 juta kali itu, terlihat pria tersebut terus memegangi kepalanya yang merasakan sakit tak tertahankan.



Lantas, kondisi seperti apa yang sebenarnya dialami pria tersebut hingga merasa sakit kepala hebat hanya karena sebatang es krim?

Dokter sekaligus Epidemiolog dan Peneliti Indonesia dari Universitas Griffith Australia, dr Dicky Budiman menjelaskan bahwa kondisi tersebut dikenal dengan nama brain freeze .

Brain freeze merupakan sakit kepala akibat rangsangan dingin. Hal ini kerap kali terjadi setelah seseorang mengonsumsi es krim atau minuman yang sangat dingin secara cepat.

Mengonsumsi makanan dingin secara cepat akan berdampak pada pembuluh darah dan rongga mulut, seperti yang dialami pria tersebut saat sebatang eskrim langsung mengenai rongga mulut dan masuk ke tubuh secara cepat.

Es krim atau makanan dingin yang masuk secara mendadak dan begitu cepat akan menyebabkan pembuluh darah menyempit dan melebar secara cepat pula.

"Kondisi ini berdampak pada pembuluh darah dan saraf dari rongga mulut, menjadi menyempit dan melebarnya dengan sangat cepat," ujar dr Dicky Budiman saat dihubungi MNC Portal pada Jumat (27/10/2023).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7513 seconds (0.1#10.140)