Manfaat Air Rebusan Cengkih untuk Rambut, Bisa Atasi Kerontokan

Minggu, 29 Oktober 2023 - 15:01 WIB
loading...
Manfaat Air Rebusan Cengkih untuk Rambut, Bisa Atasi Kerontokan
Cengkih memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan rambut. Foto/ pinkvilla.
A A A
JAKARTA – Cengkih menjadi salah satu rempah yang kerap digunakan sebagai bumbu masakan. Selain itu, cengkih memiliki banyak manfaat. Salah satunya untuk kesehatan rambut .

Dilansir laman stylecraze pada Minggu (29/10/2023), cengkih mengatasi masalah rambut rontok dan dapat digunakan untuk semua jenis rambut.



Membuat racikan ini tentu sangatlah mudah, Anda hanya cukup menyiapkan rebusan cengkih dalam air panas.

Teknik ini dinamakan hidrodistilasi, yakni membantu mentransfer senyawa bioaktif dari rempah-rempah tersebut ke dalam air.

Air cengkih kaya akan eugenol yang memberikan sifat antimikroba karena adanya kandungan asam fenolik dan flavonoid didalamnya. Sehingga menjadikan obat antioksidan ini kuat dan bermanfaat untuk rambut.

Cengkih dapat melindungi kulit kepala dari ketombe dan infeksi jamur yang dapat menyebabkan kerontokan pada rambut. Tentu di balik itu semua ada beberapa manfaat lain yang tidak kalah bagus untuk rambut, yaitu mencegah stres, mencegah infeksi kulit kepala dan bau busuk, mematikan kutu kepala, meningkatkan kekuatan dan tekstur rambut, serta mencegah uban tumbuh.

Akan tetapi, pada sebagian orang mungkin ketika menggunakan air cengkeh akan menimbulkan efek samping salah satunya seperti membuat kulit kepala kering. Untuk itu hentikan penggunaan apabila Anda merasa reaksi itu timbul pada kulit kepala.



Cara menggunakan air cengkih, cukup siapkan tiga sampai empat sendok makan air cengkeh, lalu tambahkan dua sendok makan bubuk reetha. Campurkan kedua bahan tersebut menjadi satu, dan oleskan kepada kulit kepala dan rambut serta pijat dengan ujung jari sampai menimbulkan busa.

Biarkan selama lima menit dan bilas menggunakan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin selama dua hingga tiga kali penggunaan setiap satu minggu.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)