5 Rekomendasi Jenis Ikan yang Bagus Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Minggu, 29 Oktober 2023 - 06:30 WIB
loading...
5 Rekomendasi Jenis Ikan yang Bagus Dikonsumsi Penderita Darah Rendah
Beberapa jenis ikan bagus dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Beberapa jenis ikan bagus dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Ikan-ikan ini mengandung lemak omega 3 tinggi yang dapat meningkatkan penyerapan vitamin B12 sebagai nutrisi penting untuk memproduksi sel darah merah.

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah jauh lebih rendah dari yang seharusnya.

Terdapat dua ukuran yang digunakan untuk mengukur tekanan darah, yakni tekanan sistolik (bilangan atas) dan tekanan diastolik (bilangan bawah). Melansir WebMD, Minggu (29/10/2023), tekanan darah normal memiliki ukuran berkisar antara <120 dan <80. Sedangkan hipotensi mempunyai tekanan darah di bawah 90/60.



Rendahnya tekanan darah bisa menghambat aliran darah ke otak dan organ vital lain. Salah satu cara untuk menjaga tekanan darah ini adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat. Salah satu makanan sehat yang sangat dianjurkan bagi penderita hipotensi adalah ikan.

Berikut lima jenis ikan yang bagus dikonsumsi oleh penderita darah rendah, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

Rekomendasi Jenis Ikan yang Bagus Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

1. Salmon

Salmon merupakan ikan berlemak yang kaya akan omega 3 yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, lemak omega 3 juga dapat meningkatkan penyerapan vitamin B12 di dalam tubuh. Jenis vitamin ini merupakan nutrisi penting untuk memproduksi sel darah merah.

2. Tuna

Tuna juga memiliki kandungan lemak omega-3 yang tinggi sehingga memudahkan penyerapan vitamin B12. Tak hanya bermanfaat untuk mengatasi darah rendah, konsumsi ikan tuna juga baik untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Tongkol

Tongkol merupakan sumber protein, vitamin B2, B3, B6, B12, dan vitamin D. Dagingnya juga kaya akan mineral seperti tembaga, selenium, dan yodium.

Ikan tongkol adalah salah satu sumber omega-3 terbaik yang merupakan lemak baik untuk menjaga kesehatan jantung dan otak, juga menurunkan risiko pengentalan darah serta tekanan darah rendah.


4. Kakap

Ikan kakap mengandung asam lemak omega-3 sebanyak 0,31 gram untuk tiap porsi 100 gram. Kandungan ini sangat baik untuk menurunkan risiko terserang penyakit jantung sekaligus mengendalikan kadar kolesterol darah.

Ikan kakap dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi dan menjaga tekanan darah agar tidak terlampau rendah sehingga aliran darah akan stabil.

5. Sarden

Ikan sarden kaya akan protein dan lemak baik. Ikan ini juga merupakan sumber zat besi dan kalsium.

Salah satu keunggulan ikan sarden adalah kandungan asam lemak omega-3 di dalamnya. Omega-3 diketahui dapat menurunkan risiko pengentalan darah dan tekanan darah rendah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)