Balai Besar TNGGP: Aplikasi SIAP GEPANG Berikan Pengalaman Pendakian Gunung Gede Pangrango Semakin Nyaman

Selasa, 31 Oktober 2023 - 11:00 WIB
loading...
Balai Besar TNGGP: Aplikasi SIAP GEPANG Berikan Pengalaman Pendakian Gunung Gede Pangrango Semakin Nyaman
Kegiatan pendakian gunung, kini sudah menjadi tren oleh banyak kalangan. Tak hanya generasi milenial atau gen Z, generasi baby boomers juga termasuk. Foto/MNC Media
A A A
BOGOR - Kegiatan pendakian gunung, kini sudah menjadi tren oleh banyak kalangan. Tak hanya generasi milenial atau gen Z, generasi baby boomers juga termasuk yang banyak menggemari kegiatan pendakian atau trekking ini.

Terlebih Indonesia memiliki banyak pegunungan dengan keindahan alam yang sangat memukau, sehingga bisa menjadi destinasi wisata pendakian yang sangat digemari oleh banyak kalangan. Maka tak heran, kegiatan pendakian tak pernah sepi peminat, baik itu saat weekday maupun weekend selalu ramai pengunjung.

Dari sekian banyak gunung yang bisa menjadi tempat pendakian, Gunung Gede Pangrango adalah salah satu yang menjadi favorit bagi para pendaki. Selain menawarkan keindahan alam Jawa Barat, lokasi Gunung Gede Pangrango relatif dekat dari Kota Jakarta, sehingga gunung yang berada di tiga wilayah kabupaten ini (Kabupaten Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Seperti dikutip dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), yang menyebutkan bahwa setiap tahunnya Gunung Gede Pangrango atau Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) yang dikelola Balai Besar TNGGP menerima kunjungan warrad sekitar 160 ribu per-tahunnya



Seiring semakin tingginya animo masyarakat melakukan kegiatan pendakian gunung, pihak Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango terus berbenah untuk memberikan fasilitas yang terbaik, mulai dari jalur pendakian yang semakin tertata dan lengkap dengan adanya rambu-rambu pendakian hingga aplikasi sistem booking pendakian.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Sapto Aji Prabowo menyampaikan, pihaknya terus memberikan yang terbaik untuk para wisatawan yang ingin melakukan kegiatan pendakian, sehingga tak perlu lagi khawatir tidak dapat kuota karena ramainya pengunjung yang ingin mendaki.

“Beberapa waktu lalu, Balai Besar TNGGP telah melakukan soft launching aplikasi sistem booking bernama Siap Gepang. Aplikasi sistem booking ini tentu sangat memudahkan para pendaki untuk melakukan booking jadwal pendakian sesuai tanggal yang kalian tentukan”, ucap Sapto saat soft lauching aplikasi Siap Gepang beberapa waktu lalu.

Sapto menambahkan, aplikasi Siap Gepang ini mengatur teknis pemesanan tiket untuk pendakian, sekaligus terdapat fitur yang berkaitan dengan pra-syarat, peraturan, hingga larangan dan sanksi bagi para pendaki Gunung Gede Pangrango.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2040 seconds (0.1#10.140)