5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Picu Asam Lambung Naik

Selasa, 31 Oktober 2023 - 02:00 WIB
loading...
5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Picu Asam Lambung Naik
Naiknya asam lambung ternyata bisa dipicu oleh beberapa hal sederhana. Kebiasaan kecil yang mungkin tidak disadari dapat berbahaya bagi kesehatan lambung. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Naiknya asam lambung ternyata bisa dipicu oleh beberapa hal sederhana. Kebiasaan-kebiasaan kecil yang mungkin tidak disadari dapat berbahaya bagi kesehatan lambung.

Penting untuk berusaha menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut. Sehingga asam lambung tidak naik dan tidak terjadi gangguan kesehatan lambung lainnya.

Gaya hidup memang berpengaruh besar pada kesehatan sistem pencernaan. Termasuk naiknya asam lambung yang kemudian bisa memicu maag dan GERD.

Berikut beberapa kebiasaan yang tidak dasadari picu kenaikan asam lambung yang perlu dihindari.



1. Begadang

Kebiasaan begadang membuat tubuh kurang tidur. Saat tubuh tidak mendapatkan waktu yang cukup untuk beristirahat, maka akan terjadi gangguan, salah satunya di sistem pencernaan. Kondisi ini bisa memicu naiknya asam lambung dan membuat maag kambuh.

2. Makan dalam Porsi Besar

Banyak orang terbiasa makan dalam porsi besar apalagi jika kesibukan cukup padat dan menguras energi. Padahal, makanan dalam porsi besar bisa membuat perut jadi meregang. Terlalu banyak tekanan makanan dari lambung akan memicu sfingter esofagus terbuka dan asam lambung naik ke tenggorokan.

3. Tidur setelah Makan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2615 seconds (0.1#10.140)