Mengenal Penyakit Hernia yang Diidap Atta Halilintar

Jum'at, 03 November 2023 - 19:55 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Hernia yang Diidap Atta Halilintar
Atta Halilintar mengumumkan mengidap hernia. Suami Aurel Hermansyah ini pun mengalami sejumlah gejala sebelum mengetahui dirinya menderita penyakit tersebut. Foto/Instagram Atta Halilintar
A A A
JAKARTA - Atta Halilintar mengumumkan mengidap hernia . Suami Aurel Hermansyah ini pun mengalami sejumlah gejala sebelum mengetahui dirinya menderita penyakit tersebut.

Melalui unggahan di Instagram pribadinya, Atta mengatakan hernia yang diidapnya menyebabkan rasa sakit pada area perut. Ayah Ameena Hanna Nur Atta ini pun sampai kesulitan untuk bergerak hingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Kemarin dari perut ke bawah kram perih susah gerak. Menurut dokter hasil cek CT scan saya kena hernia," kata Atta dikutip Jumat (3/11/2023).

Menantu Anang Hermansyah ini menduga hernia yang diidapnya karena olahraga yang terlalu berat. Sulung Gen Halilintar ini pun menyarankan kepada pengikutnya untuk tidak sembarang berolahraga.





"Untuk teman-teman, hati-hati saat olahraga angkat berat, gym, dan lain-lain. Ada baiknya cek kekuatan atau pakai tali pinggang yang menahan perut," ujar Atta.

Dilansir dari Cleveland Clinic, hernia biasanya muncul di perut atau selangkangan. Hernia muncul ketika salah satu organ mendorong otot atau jaringan yang menampungnya.

"Hernia terlihat seperti tonjolan aneh yang datang dan pergi selama aktivitas berbeda atau dalam posisi berbeda," jelas laporan kesehatan itu.

Pada kebanyakan kasus hernia dinilai tidak serius. Namun, masih ada risiko menjadi kondisi serius apabila dibiarkan dan semakin parah.



"Hernia menjadi serius jika tersangkut dan tidak masuk kembali," tambahnya.

Karena hernia keluar dari 'tempatnya', ini terkadang menimbulkan rasa sakit dan dalam kasus yang parah, jaringan di area hernia dapat berhenti mendapatkan suplai darah. Sehingga menyebabkan nekrosis atau kematian jaringan.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)