The Beatles Akhirnya Rilis Lagu Terakhir Berjudul Now And Then, Disempurnakan Paul McCartney dan Ringo Starr

Sabtu, 04 November 2023 - 13:33 WIB
loading...
The Beatles Akhirnya Rilis Lagu Terakhir Berjudul Now And Then, Disempurnakan Paul McCartney dan Ringo Starr
The Beatles menghadirkan salah satu lagu yang paling dinanti dalam sejarah panjang dan penuh peristiwa yang tak ada habisnya, yakni Now And Then. Foto/istimewa.
A A A
JAKARTA – Siapa yang tidak tahu band legendaris The Beatles ? Band yang lahir pada 1960 atau empat dekade lalu ini nampaknya tidak termakan zaman. Di 2023 ini, The Beatles menghadirkan salah satu lagu yang paling dinanti dalam sejarah panjang dan penuh peristiwa yang tak ada habisnya, yakni Now And Then.

Ya, Now And Then merupakan lagu terakhir The Beatles yang ditulis dan dinyanyikan oleh John Lennon, dikembangkan dan dikerjakan oleh Paul McCartney, George Harrison dan Ringo Starr. Namun, musiknya disempurnakan lagi oleh Paul dan Ringo.



Now And Then dirilis di seluruh dunia pada pada Kamis 2 November 2023 oleh Apple Corps. Single double A-side ini memasangkan lagu terakhir Beatles dengan lagu pertama yang menjadi single debut The Beatles, Love Me Do, yang merupakan pasangan full-circle yang sangat cocok untuk Now And Then.

Kedua lagu tersebut di-mix dalam stereo dan Dolby Atmos dan rilisan dengan menampilkan cover art asli oleh Ed Ruscha.

Video Now And Then - The Last Beatles Song pun dihadirkan dengan durasi 12 menit, ditulis dan disutradarai oleh Oliver Murray dan sudah tayang perdana pada 1 November 2023 di YouTube The Beatles.

Video Now And Then ini cukup mengharukan, menceritakan kisah di balik lagu terakhir Beatles dengan cuplikan dan komentar eksklusif dari Paul, Ringo, George, Sean Ono Lennon, dan Peter Jackson.

Diketahui, lagu Now And Then dimulai pada akhir 1970an, ketika John merekam demo dengan vokal dan piano di rumahnya di Gedung Dakota, New York. Pada 1994, sang istri, Yoko Ono Lennon memberikan rekaman tersebut kepada Paul, George dan Ringo, bersama dengan demo John untuk "Free As A Bird" dan "Real Love", yang keduanya diselesaikan sebagai lagu baru Beatles dan masing-masing dirilis sebagai single.

Pada 1995 dan 1996, sebagai bagian dari proyek The Beatles Anthology. Namun, pada saat yang sama, Paul, George dan Ringo juga merekam bagian-bagian baru dan menyelesaikan campuran kasar untuk “Now And Then” dengan produser Jeff Lynne.



Pada 2022, Paul dan Ringo mulai menyelesaikan lagu tersebut. Selain vokal John, lagu Now And Then juga menyertakan gitar listrik dan akustik yang direkam pada 1995 oleh George, juga memasukkan drum dari Ringo, dan bass, gitar, dan piano dari Paul, yang cocok dengan permainan asli John.

“Itulah suara John yang sangat jernih. Ini cukup emosional. Dan kami semua memainkannya, itu adalah rekaman asli Beatles. Di tahun 2023 untuk tetap menggarap musik Beatles, dan akan merilis lagu baru yang belum pernah didengar publik, menurut saya itu adalah hal yang menarik,” kata Paul McCartney.

“Itu adalah saat terdekat kami untuk menerima dia kembali ke ruangan, jadi itu sangat emosional bagi kami semua. Sepertinya John ada di sana, Anda tahu. Itu jauh sekali,” ujar Ringo Starr.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)