Masih Pandemi, Pekerja Seni Dongeng Timun Mas Siasati Pagelaran dengan Konsep Virtual

loading...
Masih Pandemi, Pekerja Seni Dongeng Timun Mas Siasati Pagelaran dengan Konsep Virtual
Putri Indam yang bermain dalam Dongeng Timun Mas tengah melakukan pertunjukkan secara virtual di masa pandemi COVID-19. Foto/SINDOnews/Isra Triansyah
A+ A-
JAKARTA - Adanya pandemi COVID-19 serta pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) membuat banyak pertunjukan seni harus ditunda, bahkan dibatalkan. Keadaan yang sudah berlangsung cukup lama ini mengakibatkan hilangnya panggung ruang kreasi bagi para pekerja seni.

Beruntung, masih ada pihak yang kreatif, yang bisa mengupayakan seni pertunjukan tetap digelar meski harus secara virtual. Salah satunya mereka yang terlibat dalam pementasan Dongeng Timun Mas. (Baca Juga: Pesona Lee Jae-wook di Serial Do Do Sol Sol La La Sol)

Menurut Produser Eksekutif #MusikaldiRumahAja Bayu Pontiagust dalam media gathering daring terkait pementasan Dongeng Timur Mas kemarin (5/8), kondisi pandemi tanpa disadari membuat banyak hal yang ditakutkan selama ini menjadi kenyataan. Di sisi lain, ungkap Bayu, masyarakat juga dapat belajar untuk beradaptasi dengan situasi baru tersebut.

"Musikal ini menjadi salah satu wadah bagi para pekerja seni untuk tetap berkarya, meski dibatasi ruang dan pertemuan fisik. Kondisi pandemi justru mendorong kreativitas para pekerja seni dan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa," papar Bayu.



Hal senada diungkapkan Mhyajo, sutradara dongeng Timun Mas. Menurut pelaku seni yang dikenal selalu total dalam berkarya ini, proses latihan yang dilakukan secara online tentu bukan tanpa kendala. Namun, semua bisa diatasi dengan kemauan kuat dan semangat.

"Entah kenapa ketika mendapat tawaran dari Mas Bayu, saya langsung bersemangat. Hal itu ditandai dengan karya musikal tentang dongeng Indonesia ini, yang dikemas sangat baik," ungkap Mhyajo.

Mhyajo mengaku, menggarap Dongeng Timun Mas secara virtual membuatnya menemukan keseruan dan merasakan adrenalin ketika berada di panggung. Hal inilah yang kemudian mendorong Indonesiakaya.com untuk menyajikan ruang kreasi virtual bagi para pekerja seni untuk menampilkan karya mereka.



Bekerja sama dengan Boow Live, Indonesiakaya.com mempersembahkan pertunjukan #MusikaldiRumahAja yang ditampilkan dalam format online. Selain #MusikaldiRumahAja, selama masa pandemi COVID-19, Indonesiakaya.com telah menggelar berbagai kegiatan seni bertema #DiRumahAja seperti nonton teater di rumah aja, puisi di rumah aja, prosa di rumah aja, workshop online di rumah aja, hingga birthday concert di rumah aja. (Baca Juga: Bahas Perdamaian Korea, Film ‘Steel Rain 2’ Langsung Jadi Box Office)

Dongeng Timun Mas sendiri dibuat dalam balutan fantasi distopia yang sangat kental, yang terlihat dari visualisasinya nan apik. Hingga berita ini dibuat, viewers-nya sudah mencapai lebih dari 188.000. Sebuah pencapaian yang sangat baik untuk "golongan" tontonan dengan kemasan nonmainstream seperti ini.

Proses syuting Timun Mas dilakukan dengan tetap mempertimbangkan protokol kesehatan. Hampir semua pemeran tidak bertemu.
(tsa)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top