5 Jenis Mainan Bayi Usia 3 Bulan yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembangnya

Senin, 06 November 2023 - 16:17 WIB
loading...
5 Jenis Mainan Bayi Usia 3 Bulan yang Bermanfaat untuk Tumbuh Kembangnya
Memberikan mainan untuk bayi berusia 3 bulan tidak boleh dilakukan secara sembarang. Orangtua harus tahu mana saja produk yang mendukung tumbuh kembangnya. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Memberikan mainan untuk bayi berusia 3 bulan tidak boleh dilakukan secara sembarang. Orangtua harus tahu mana saja produk yang dapat mendukung tumbuh kembangnya.

Menurut American Optometric Association, pada saat baru lahir, kemampuan bayi melihat masih hitam-putih dan juga hanya mampu melihat objek dari jarak kurang dari 20 cm. Perlahan, kemampuan bayi melihat akan berkembang seperti mulai bisa melihat warna memasuki usia 2-3 bulan.

Lalu, mainan apa saja yang tepat untuk diberikan kepada bayi berusia 3 bulan? Berikut ulasannya.

Jenis Mainan Bayi 3 Bulan





1. Mainan Gigit


Meski gigi bayi umumnya baru tumbuh saat ia berusia 6 bulan, tapi di usia 3 bulan bayi sudah mulai suka menggigit tangan dan mengeluarkan banyak air liur. Ini pertanda bahwa proses pertumbuhan giginya sudah dimulai.

Guna merangsang pertumbuhan giginya, Anda dapat memberikan mainan untuk stimulasi bayi 3 bulan yang bisa digigit dan terbuat dari karet. Mainan ini dapat meredakan rasa sakit atau gatal pada gusinya yang membuat bayi merasa tidak nyaman. Pastikan Anda memilih mainan gigit yang terbuat dari bahan yang aman ya!

2. Mainan Bak Mandi


Beberapa bayi tidak suka dimandikan. Untuk itu, Anda bisa memberikan si kecil mainan bak mandi supaya mereka lebih semangat dan menyukai kegiatan mandi. Mainan ini dapat mengembangkan imajinasi bayi, serta membantu menstimulasi sensorik juga motorik bayi

Pilih beberapa mainan dengan warna yang berbeda untuk membantu perkembangan sensorik si kecil dan memudahkan si kecil agar dapat membedakan warna. Selain itu, pilih juga mainan dengan material yang aman untuk bayi.

3. Mainan Bola


Bukan bola besar seperti pada umumnya, tapi berikan bola khusus bayi dengan desain yang lucu. Bola ini biasanya dibuat dengan fitur sensorik sehingga bisa melatih perkembangan motorik sekaligus sensorik bayi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)