Awas! Karang Gigi Bisa Picu Gangguan pada Jantung dan Lambung

Selasa, 07 November 2023 - 06:06 WIB
loading...
Awas! Karang Gigi Bisa Picu Gangguan pada Jantung dan Lambung
Kebutuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak bisa dianggap sepele. Foto Ilustrasi/iStock
A A A
JAKARTA - Kebutuhan untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak bisa dianggap sepele. Bukan hanya bisa memicu gigi berlubang atau masalah gigi lain, ternyata gigi yang tidak sehat juga memiliki hubungan terhadap kesehatan jantung dan lambung.

Bahkan, seperti yang dilansir di laman Siloam Hospital, Selasa (7/11/2023), orang dengan kesehatan gigi dan mulut yang buruk memiliki 2-3 kali risiko terkena pemyakit kardiovaskular atau serangan jantung. Hal ini dikarenakan infeksi gusi (periodontitis) yang disebabkan bakteri akibat penumpukan plak, mampu membentuk kantong berisi nanah di area sekitar akar gigi.

Jika tidak segera diatasi, infeksi gusi ini bisa membuat jaringan dan tulang pada gusi mengalami gangguan, kerusakan pada gigi, bahkan masuk ke dalam aliran darah serta menyerang organ tubuh lain seperti jantung.

Itu bisa terjadi karena pembuluh darah yang terkandung dalam gusi mampu mengalirkan bakteri ke anggota tubuh lainnya, sehingga meningkatkan dan memengaruhi penyempitan pembuluh darah.



Hal senada diungkapkan oleh Dokter Gigi dari Satu Dental drg. Agrippina Maria. Menurutnya, salah satu masalah pada gigi yang bisa berhubungan langsung terhadap kesehatan jantung adalah masalah karang gigi.

“Kalau yang kardiovaskular itu berarti jantung. Nah jantung itu biasa kalau ada karang gigi. Karang gigi itu dari jurnal, bakterinya bisa nempel ke selaput jantung,” ujar drg. Agrippina saat ditemui di Plaza Indonesia, Jakarta, baru-baru ini.

Karena itu, drg. Agrippina menyarankan agar masyarakat tidak menganggap remeh pentingnya menjaga kebersihan karang gigi. Bahkan, perawatan gigi satu ini harus dilakukan secara rutin.

“Makanya penting banget sesimpel karang gigi orang suka abai, udahlah nggak usah cuci gigi saya kan udah pernah satu kali. Kadang itu tuh kaya treatment rutin, kayak sulam alis gitu deh. Sulam alis kan kamu mesti touch up gitu kan,” paparnya.

“Karang gigi tuh sama. Jadi kalau kamu udah sikat gigi, tetep muncul biar pun kamu udah sikat. Makanya harus cuci karang gigi plus cek ke dokter,” sambung dia.

Lalu apa hubungannya kesehatan gigi dengan lambung?

Menurut drg. Agrippina, hal ini lantaran berbagai masalah pada gigi seperti gigi berlubang hingga rasa nyeri yang dihasilkan bisa membuat seseorang jadi tidak selera makan dan berujung pada masalah lambung.

“Dua, lambung. Kenapa suka sakit hubungannya sama gigi? Itu mesti dicek. Cek detail bisa makan nggak?” ungkapnya.

“Karena kalau dari segi kualitas makannya terpengaruh nih, jadi misalkan giginya ompong, nggak ada gigi, jadi makannya yang lunak-lunak doang. Atau makannya jadi nggak nafsu. Itu juga bisa loh sampai sakit ke lambung,” pungkas sang dokter.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)