7 Menu Sarapan untuk Penderita Ginjal, dari Telur hingga Buah-buahan

Selasa, 07 November 2023 - 11:43 WIB
loading...
7 Menu Sarapan untuk Penderita Ginjal, dari Telur hingga Buah-buahan
Ikan salmon dan tuna bagus untuk penderita ginjal karena rendah kalium, fosfor, dan natrium. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Penderita penyakit ginjal wajib untuk selalu menjaga pola makan yang sehat. Hal itu bertujuan agar organ vital ini dapat berfungsi dengan baik dan mencegah komplikasi.

Salah satunya mulai dari menu sarapan yang rendah natrium dan segar. Penderita ginjal harus menghindari makanan yang tinggi garam hingga buah yang berkalium tinggi.

Adapun jenis menu sarapan yang cocok dan sehat untuk dikonsumsi para penderita ginjal adalah sebagai berikut.

Menu Sarapan untuk Penderita Ginjal


1. Putih telur


Putih telur merupakan sumber protein yang baik dan rendah fosfor. Anda bisa merebus putih telur dan mengonsumsinya dengan roti gandum atau sayuran segar. Hindari kuning telur karena mengandung fosfor tinggi.

2. Ikan salmon atau tuna


Ikan salmon dan tuna kaya akan asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk memperbaiki fungsi ginjal dan menjaga kolesterol serta tekanan darah. Jenis ikan ini juga rendah kalium, fosfor, dan natrium.



Menu seperti ini bisa disajikan dengan cara menggoreng ikan dengan sedikit minyak zaitun atau membuat sandwich ikan dengan roti gandum.

3. Buah-buahan


Buah-buahan seperti apel, blueberry, nanas, dan persik mengandung antioksidan, vitamin, dan serat yang baik untuk kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan. Buah-buahan ini juga rendah kalium, sodium, dan fosfor.

4. Kubis


Kubis adalah sayuran yang rendah kalium, fosfor, dan sodium. Kubis juga mengandung antioksidan, vitamin B, C, dan K, serta serat. Anda bisa membuat sup kubis dengan kaldu sayuran atau daging tanpa garam.

5. Kembang kol


Kembang kol juga termasuk sayuran yang rendah kalium, fosfor, dan sodium. Kembang kol mengandung vitamin C, K, dan folat, serta antioksidan yang dapat melindungi ginjal dari kerusakan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2221 seconds (0.1#10.140)