7 Jenis olahraga untuk Menaikkan Massa Otot, Salah Satunya Renang

Selasa, 07 November 2023 - 14:16 WIB
loading...
7 Jenis olahraga untuk Menaikkan Massa Otot, Salah Satunya Renang
Ada beberapa jenis olahraga untuk menaikkan massa otot. Salah satunya renang. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Ada beberapa jenis olahraga untuk menaikkan massa otot. Jika Anda sedang ingin menaikkan massa otot, boleh coba rutin melakukannya namun dengan tetap mengasup makanan bernutrisi.

Proses pembentukan otot sendiri didorong oleh beberapa faktor. Yaitu kadar hormon testosteron dan hormon pertumbuhan serta jumlah nutrisi pada otot, terutama protein.

Selain itu, meningkatkan dan melatih massa otot bisa dilakukan dengan rutin berolahraga. Pada dasarnya hampir semua jenis olahraga dapat membantu meningkatkan massa otot asal dilakukan dengan benar. Namun, beberapa jenis olahraga dinilai lebih optimal dalam meningkatkan massa otot.

Berikut jenis olahraga untuk menaikkan massa otot, yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/11/2023).


Jenis olahraga untuk Menaikkan Massa Otot

1. Angkat Beban

Latihan ini mendukung kerja hormon tubuh dalam membangun otot. Latihan angkat beban bisa memberi tekanan pada otot dan memaksa otot melewati titik lemahnya. Saat kekuatan otot meningkat dan otot tumbuh, tingkatkan beban berat secara perlahan agar pembentukan otot bisa berlanjut.

2. Renang

Renang juga bisa menaikkan massa otot dengan lebih optimal. Sebab, aktivitas renang melibatkan hampir seluruh bagian tubuh dan memerlukan otot-otot untuk melawan tekanan air. Inilah sebabnya mengapa berenang dapat membantu meningkatkan fleksibilitas dan pertumbuhan massa otot dalam tubuh.

3. Pusp-up

Push-up salah satu latihan terbaik untuk mengencangkan otot lengan atas. Selain itu, jenis olahraga ini juga dapat membantu menguatkan otot dada, pundak, dan core.

4. Lunges

Lunges adalah salah satu latihan kaki yang efektif membentuk dan memperkuat otot-otot bagian bawah tubuh seperti otot paha, punggung bawah, pinggul dan otot-otot inti. Latihan ini adalah latihan sederhana yang dapat dilakukan di mana saja tanpa atau hanya dengan sedikit peralatan.


5. Plank

Plank salah satu olahraga yang efektif untuk menguatkan otot inti tubuh dan membentuk perut sixpack. Latihan plank juga melatih otot-otot di punggung bawah, pinggul, dan panggul sebagai pusat gravitasi yang lebih mantap.

6. Squat

Squat merupakan olahraga paling sederhana untuk meningkatkan massa otot. Jenis olahraga ini bisa Anda lakukan kapan dan di mana saja untuk mengencangkan serta membentuk otot-otot tubuh bagian bawah seperti otot bokong, pinggul, paha, dan betis.

7. Pull-up

Latihan pull-up bertujuan untuk membangun otot bagian lengan, bahu, dan dada. Untuk melakukannya, Anda membutuhkan pull-up bar atau menggunakan pegangan yang bisa menopang tubuh. Letakkan kedua tangan Anda seperti hendak menggenggam, lalu angkat tubuh hingga dagu melewati pull-up bar. Lakukan selama 10-15 pengulangan.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)