Kantong Selamat! Ini 5 Tips Hemat Belanja Bulanan yang Perlu Diterapkan

Selasa, 07 November 2023 - 17:00 WIB
loading...
Kantong Selamat! Ini 5 Tips Hemat Belanja Bulanan yang Perlu Diterapkan
Ada baiknya jika Anda mempelajari tips hemat belanja bulanan dengan tepat. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Mau kantong selamat saat pergi berbelanja? Simak 5 tips hemat belanja bulanan berikut ini yang bisa Anda terapkan dengan mudah.

Apalagi kalau gajiannya cuma numpang lewat doang. Mungkin ada hal yang kurang tepat dalam mengelola keuangan. Karena itu, ada baiknya jika Anda mempelajari tips hemat belanja bulanan dengan tepat.

Kira-kira, tips belanja bulanan hemat seperti apa yang bisa Anda lakukan? Nah, biar nggak bingung, baca artikel ini sampai habis supaya Anda bisa menerapkan keseluruhan poinnya agar gajian nggak cuma numpang lewat doang!

5 Tips Hemat Belanja Bulanan

1. Buat Daftar Belanja

Sebelum pergi berbelanja, biasakan untuk membuat daftarnya terlebih dulu. Tulis keperluan apa saja yang benar-benar Anda butuhkan. Hal ini ampuh untuk menghindari godaan supaya tidak membeli barang di luar daftar tersebut.


2. Beli Barang Tertentu dalam Jumlah Besar

Jika memungkinkan, Anda bisa langsung membeli beberapa barang dalam jumlah besar. Mengutip laman Clark, selama barang tersebut tahan lama kalau disimpan (dan Anda punya tempat penyimpanannya), serta harganya jauh lebih murah, tak perlu ragu untuk membelinya.

Contoh barang yang bisa Anda beli dengan jumlah besar karena rentang kadaluarsa yang umumnya cukup lama adalah seperti perabotan rumah tangga, makanan dan minuman ringan, perlengkapan mandi, dan masih banyak lagi.

3. Gunakan Kartu Kredit dengan Cermat

Tips hemat belanja bulanan yang selanjutnya mungkin cukup tak biasa, yaitu menggunakan kartu kredit. Business Insider menyarankan untuk menggunakan kartu kredit yang tepat, dengan beragam reward yang ditawarkan (seperti cashback, skor kredit, dan lainnya).

Akan tetapi, ingat untuk tetap mengacu pada daftar belanjaan yang dibawa. Jangan sampai karena menggunakan kartu kredit, Anda jadi membeli apa saja yang ada di depan mata tanpa batasan.

4. Hindari Berbelanja dalam Keadaan Lapar

Meski sudah memiliki daftar belanjaan, jangan pergi membeli sesuatu dalam keadaan perut kosong. Mengutip riset yang dilakukan oleh Alison Jing Xu dari University of Minnesota, rasa lapar bisa membuat seseorang tergerak untuk membeli banyak barang lain.

Alasannya bukan semata-mata karena objek tersebut lebih menarik. Menurut Huffpost, dalam keadaan lapar, otak akan menciptakan semacam desakan untuk memiliki sesuatu selain yang dibutuhkan.

5. Beli dengan Voucher

Langkah terakhir yang penting untuk dilakukan adalah belanja dengan voucher. Pasalnya, supermarket mengadakan promo dalam kurun waktu yang terbatas. Sedangkan kebutuhan harus tetap dipenuhi saat itu juga.

Dalam hal ini, Anda wajib memanfaatkan voucher untuk berbelanja. Soalnya, voucher dijual dengan harga yang lebih murah dari nominal yang terdapat di dalamnya. Sehingga, ada keuntungan tersendiri kalau Anda belanja pakai voucher tanpa harus menunggu promo.

Apalagi bila Anda beli vouchernya di AladinMall, ada diskon spesial s.d 24% sekaligus gratis ongkir tanpa batas! Makanya, buruan belanja dengan download aplikasinya di Google Play Store dan App Store sebelum kehabisan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)