Tidak Boleh Sembarangan! Begini Cara Merawat Kucing yang Benar untuk Pemula

Selasa, 07 November 2023 - 19:30 WIB
loading...
Tidak Boleh Sembarangan! Begini Cara Merawat Kucing yang Benar untuk Pemula
Cara merawat kucing tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Cara merawat kucing tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Terlebih jika Anda merupakan seorang pemula yang baru ingin memelihara mereka.

Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang umum dipilih karena tingkahnya yang menggemaskan dan populasinya sangat banyak di Indonesia. Meski tergolong mudah untuk dipelihara, namun Anda tetap membutuhkan waktu, tenaga, dan juga uang.

Lantas, bagaimana cara merawat kucing yang benar? Simak kelima tipsnya berikut ini.

5 Cara Merawat Kucing

1. Jaga Kebersihan Kucing

Bersihkan kucing secara rutin. Gunakan shampoo khusus kucing untuk membersihkan kuman dan juga bakteri yang menempel pada tubuh kucing. Jika kebersihannya tidak diperhatikan, hewan satu ini akan rentan terkena penyakit.


2. Jaga Keindahan Bulu Kucing

Tak dapat dipungkiri, salah satu daya tarik kucing adalah bulunya yang indah. Untuk itu, lakukan grooming secara rutin atau berikan vitamin agar kerontokan bulu pada kucing dapat diminimalisir.

3. Berikan Makanan Bernutrisi dan Air yang Bersih

Makanan kucing di awal kehidupannya akan menentukan kecepatan untuk kesehatan dan kesejahteraannya seumur hidup. Lakukan riset tentang makanan dan pilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran kucing.

Daging sapi yang dimasak, ayam, dan kalkun sangat cocok untuk kucing. Selain itu, Anda perlu menghindari daging mentah atau busuk agar kucing tidak sakit.

Sebagai tips merawat kucing, Anda harus meninjau selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan ke depan untuk mengetahui kecocokan makanan. Air bersih dan segar juga sangat penting untuk kesehatan kucing. Pastikan kucing mendapat cukup hidrasi. Selain itu, pastikan tempat minumnya mudah dijangkau dan terlihat dengan mudah.

4. Kunjungi Dokter Hewan

Tips merawat kucing lainnya yang bisa Anda lakukan adalah rutin mengajaknya ke dokter hewan. Pemeriksaan rutin bisa membantu mendeteksi penyakit berbahaya yang mungkin dialami kucing.

Anda bisa melakukan vaksinasi, membersihkan gigi kucing, atau sterilisasi. Jika kucing mengalami gejala keracunan, diare, lemas, atau kondisi berbahaya lainnya, segera hubungi dokter hewan terdekat.


5. Berikan Vitamin

Selain rutin melakukan kunjungan ke dokter hewan, Anda juga perlu memberikan vitamin khusus kucing untuk menjaga kesehatannya. Terlebih, beberapa anabul yang baru dipelihara biasanya enggan menerima makanan yang Anda berikan.

Hal ini biasanya disebabkan oleh anabul yang mengalami stres akibat pindah ke tempat baru, baru sembuh dari sakit, tidak cocok dengan makanan yang Anda pilih, dan lain sebagainya. Nah, vitamin khusus kucing ini dapat membantu meningkatkan nafsu makan anabul kesayangan Anda.

Itulah beberapa cara merawat kucing yang bisa Anda terapkan. Melihat anabul yang sehat dan aktif tentunya memiliki kebahagiaan tersendiri bagi Anda. Oleh karena itu, selalu berikan perawatan yang terbaik untuk mereka.

Dapatkan berbagai perawatan anabul berkualitas di AladinMall mumpung lagi ada diskon hingga 50% sekaligus gratis ongkir tanpa batas! Download aplikasinya sekarang juga di Google Play dan App Store buat belanja sebelum kehabisan!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1970 seconds (0.1#10.140)