4 Inspirasi Bermain di Rumah bersama Anak

loading...
4 Inspirasi Bermain di Rumah bersama Anak
Anak-anak butuh bermain, terutama seperti saat ini, ketika kita disarankan untuk berada di rumah serta penerapan sekolah online. Foto Ilustrasi/Phinemo
A+ A-
JAKARTA - Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain tidak hanya memberikan kesenangan bagi anak, tapi juga berdampak positif untuk tumbuh kembangnya.

Anak-anak butuh bermain, terutama seperti saat ini, ketika kita disarankan untuk berada di rumah serta penerapan sekolah online. Selain harus fokus belajar dan mengerjakan tugas, anak-anak tidak lagi memiliki waktu bermain bersama teman-teman di sekolah sehingga anggota keluarga di rumah menjadi teman saat harus di rumah saja.

Ciptakanlah suasana yang menyenangkan dan membahagiakan di rumah lewat bermain. Biarkanlah anak bermain dan sesekali temani mereka bermain. Pasalnya, sesuatu hal yang baik dapat dimulai dengan bermain. (Baca Juga: Kembangkan Kreativitas Anak Melalui Kompetisi Art Ninja)

"Bermain adalah hal yang penting untuk tumbuh kembang anak dan bermain bisa memberikan banyak manfaat. Seperti memperkaya wawasan tentang solusi masalah, meningkatkan rasa keberhasilan, mengasah koordinasi motorik, dan mengasah kemampuan sosial," kata Anna Surti Ariani, Psikolog dan Ketua Ikatan Psikologi Klinis Jakarta.

Setidaknya ada tiga konsep penting seputar dunia bermain anak. Di antaranya mainan, yakni kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan dan memberikan banyak manfaat bagi anak. Bermain, kegiatan yang dilakukan untuk memperoleh kesenangan dan memberikan banyak manfaat bagi anak. Lalu permainan, aktivitas yang diciptakan, bisa membutuhkan mainan ataupun tanpa mainan permainan.



Namun, perlu diperhatikan bahwa hal yang memberikan manfaat baik buat anak bukanlah mainan atau permainan, melainkan proses bermain yang dilakukan anak. Orangtua bisa membantu anak menciptakan mainan, mengusulkan permainan yang akan dilakukan, dan bermain bersama anak. Dengan demikian, anak mendapatkan manfaat yang jauh lebih besar untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

"Sejalan dengan brand purpose dan campaign #PaddlePopMainYuk, Paddle Pop percaya bahwa segala sesuatu yang baik dapat dimulai dengan bermain. Paddle Pop mengajak orangtua memberikan anak-anak waktu yang cukup untuk bermain sehingga mereka bisa bertumbuh kembang lebih baik dan merasa gembira di rumah," kata Memoria Dwi Prasita, Head of Marketing Ice Cream Unilever Indonesia, melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews.

Untuk membantu para orangtua, Paddle Pop melalui kampanye #PaddlePopMainYuk berbagi ide dan inspirasi bermain yang bisa dilakukan bersama anak di rumah. Berikut ulasannya.

1. Membangun Rumah-Rumahan dengan Ibu
Bermain dengan ibu menggunakan barang-barang yang ada di sekitar rumah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ajak anak untuk menyusun barang-barang tersebut menjadi bentuk rumah. Bermain seperti ini dapat meningkatkan kreativitas anak.

2. Main secara Online
Karena anak-anak saat ini belum bisa bertemu secara fisik dengan teman baru yang sangat penting untuk mengasah keterampilan sosial mereka, coba adakan virtual play date untuk si kecil. Coba tanya teman yang lain untuk dikenalkan dengan teman baru dan biarkan si kecil berkenalan dengan teman baru yang akan membantu meningkatkan keterampilan sosialnya.



3. Kreasi Es Krim di Rumah
Kreasikan es krim di rumah bareng anak akan menjadi kegiatan menyenangkan. Tidak hanya memperkuat bonding antara orangtua dan anak, tapi juga memberikan ruang kreativitas anak lewat camilan es krim kesukaannya. (Baca Juga: Optimalkan Perkembangan Anak lewat Pendekatan DIR Floortime)

Selain ibu, ayah juga bisa mengajak anak bermain. Seperti halnya berkreasi di dapur dan siapkan kejutan camilan yang enak untuk ibu. Anak pasti senang membuat hidangan mudah dan enak. Biarkan anak berkreasi dengan es krim Paddle Pop dan dibantu oleh ayah.

4. DIY di Rumah
Inspirasi bermain bisa di dapat dari mana saja, termasuk barang-barang yang sudah tidak bisa dipakai di rumah. Ajak si kecil membuat berbagai prakarya DIY (Do It Yourself) dengan menggunakan barang tersebut.

Untuk DIY ini tidak perlu menggunakan barang mahal, tapi cobalah berkreasi dengan barang bekas seperti bungkus dan stik es krim yang sudah tidak dipakai. Dua barang yang biasanya langsung dibuang ini dapat digunakan menjadi mainan.
(tsa)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top