Makan Segenggam Kacang Sehari Bisa Atasi Depresi

Sabtu, 11 November 2023 - 09:46 WIB
loading...
Makan Segenggam Kacang...
Para ilmuwan percaya sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada kacang-kacangan memiliki efek perlindungan pada kesehatan mental. Foto/ getty.
A A A
JAKARTA - Para ilmuwan percaya sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada kacang-kacangan memiliki efek perlindungan pada kesehatan mental.

Dalam penelitiannya, mengonsumsi segenggam kacang setiap hari terbukti menurunkan risiko depresi sebesar 17 persen.

Informasi dari UK Biobank, sebuah database online yang berisi catatan medis dan gaya hidup dari sekitar 500 ribu warga Inggris, menunjukkan bahwa orang dewasa paruh baya dan lanjut usia yang mengonsumsi 30 gram kacang-kacangan setiap hari – termasuk kenari, almond, kacang brazil, kacang mete, hazelnut dan pistachio, kecil kemungkinannya mengalami depresi.

Baca Juga: 5 Sayuran yang Sebaiknya Tidak Dikupas, Bisa Kehilangan Manfaat

Penelitian ini telah dipublikasikan di jurnal Clinical Nutrition, namun tidak menjelaskan mengapa hal ini terjadi. Para peneliti berspekulasi bahwa sifat anti-inflamasi dan antioksidan pada kacang-kacangan mungkin memiliki efek perlindungan.

Dilansir the national, tim peneliti mengatakan kacang-kacangan mengandung nutrisi penting dalam bentuk zat bioaktif seperti fenol atau pitosterol, mikronutrien esensial, serat, protein berkualitas tinggi, asam lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda, serta vitamin – yang dapat berperan bermanfaat dalam kesehatan mental.

“Temuan kami menyoroti manfaat lain dari mengonsumsi kacang-kacangan, dengan penurunan sebesar 17 persen pada depresi yang terkait dengan konsumsi kacang,” kata Bruno Bizzozero-Peroni, peneliti di Pusat Penelitian Kesehatan dan Sosial di Universitas Castilla-La Mancha di Spanyol.

“Hal ini memberikan alasan yang lebih kuat bagi masyarakat untuk menjadi antusias mengonsumsi kacang-kacangan,” ujar dia lagi.

Sebagai bagian dari penelitian, para peneliti mengamati data lebih dari 13 ribu orang berusia 37 hingga 73 tahun, antara 2007 hingga 2020.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mereka yang mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah rendah hingga sedang – yang didefinisikan sebagai satu porsi 30 gram per hari – memiliki risiko depresi 17 persen lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak makan kacang-kacangan.

Baca Juga: Ngatuk setelah Makan Siang di Kantor? Waspadai Kondisi Ini

Para peneliti mengatakan temuan ini terlepas dari faktor lain yang mungkin mempengaruhi kesehatan mental seperti gaya hidup, kondisi medis, dan indeks massa tubuh.

“Hasil kami menyoroti potensi peran konsumsi kacang-kacangan sebagai perilaku pola makan sehat untuk mencegah depresi pada mereka yang bebas dari faktor risiko depresi lainnya, seperti obesitas, perilaku gaya hidup tidak sehat (merokok, sering mengonsumsi alkohol, rendahnya asupan buah dan sayur, kurang aktif, dan durasi tidur yang tidak memadai), kesepian, dan kondisi medis seperti penyakit penyerta kardiovaskular, metabolik, atau mental,” tulis tim tersebut.
(tdy)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Lanjut Baca Berita Terkait Lainnya
Berita Terkait
HighEnd Magazine Dorong...
HighEnd Magazine Dorong Perempuan Modern Peduli Mental Wellness Lewat HighTea Eksklusif
Faktor Genetik Bisa...
Faktor Genetik Bisa Sebabkan Obesitas, Tapi Masih Bisa Dicegah
Pernah Obesitas, Ini...
Pernah Obesitas, Ini Kisah dr. Gia Pratama Turun Berat Badan dari 100Kg
Mengenal Nutri-Level,...
Mengenal Nutri-Level, Kebijakan Kemenkes untuk Pola Makan Lebih Sehat
Menkes Budi Gunadi Imbau...
Menkes Budi Gunadi Imbau Kurangi Konsumsi Makanan Olahan, Ini Bahayanya bagi Kesehatan
Penanganan Obesitas...
Penanganan Obesitas Beralih ke Sistem Terintegrasi, Apa Keunggulannya?
Wujudkan Ruang Aman...
Wujudkan Ruang Aman bagi Anak, Ibu-Ibu di Bajawa Dibekali Edukasi Pengasuhan dan Kesehatan
Saatnya Negara Memperkuat...
Saatnya Negara Memperkuat Profesi Psikolog Klinis
Kembangkan Pil GLP-1,...
Kembangkan Pil GLP-1, Novo Nordisk Perkuat Dominasi di Pasar Terapi Obesitas
Rekomendasi
Pangkas 79 Ton Emisi...
Pangkas 79 Ton Emisi per Tahun, Pertamina Perluas Penggunaan Energi Bersih di Kapal Tanker
Michael Oliver Mendadak...
Michael Oliver Mendadak Dicoret di Laga Pertama Piala Dunia 2026, Ada Apa?
Pengamat Kebijakan Publik...
Pengamat Kebijakan Publik Apresiasi Arah Baru BGN, Transparansi dan Refocusing MBG
Berita Terkini
Pianis Dunia Rueibin...
Pianis Dunia Rueibin Chen Akan Tampil di Jakarta, Bawakan Mahakarya Brahms
Kasus Erin Berbalik...
Kasus Erin Berbalik Arah? Bukti Psikologis Nur Disebut Untungkan Herawati
Tak Hanya Ganggu Mental,...
Tak Hanya Ganggu Mental, Sering Marah-marah Bisa Melemahkan Daya Tahan Tubuh
Babak Baru Kasus Erin...
Babak Baru Kasus Erin Wartia, Pelapor Serahkan Dokumen LPSK ke Penyidik
Pesona China yang Berbeda:...
Pesona China yang Berbeda: Eksplor Keunikan Infrastruktur Chongqing dan Alam Zhangjiajie
Cut Meyriska Syok Hanania...
Cut Meyriska Syok Hanania Travel Bermasalah, Padahal Sudah Kantongi Akreditasi dan Rekor MURI
Infografis
5 Makanan yang Bisa...
5 Makanan yang Bisa Atasi Stres Akibat Kesepian
Copyright ©2026 SINDOnews.com All Rights Reserved