Lemari Es Tidak Berfungsi Sempurna? Ketahui Penyebab Kulkas Tidak Dingin di Sini

Jum'at, 10 November 2023 - 17:30 WIB
loading...
A A A
Freon atau biasa disebut refrigeran adalah senyawa kimia penting dalam proses pendinginan di dalam kulkas. Akan tetapi, freon kulkas bisa habis karena beberapa penyebab, mulai dari usia pemakaian yang cukup lama, hingga kebocoran di aliran freon.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Anda disarankan untuk menghubungi teknisi kulkas profesional untuk meminta mereka mengisi ulang gas freon atau mengatasi kebocoran freon.

4. Bunga Es yang Menumpuk

Bunga es yang sudah terlalu tebal dapat menutupi bagian angin. Lubang angin berperan dalam mendinginkan udara di dalam kulkas. Jika kulkas tidak dingin lagi, maka periksalah kondisi bunga esnya.

Untuk membersihkan bunga es yang terlalu tebal, Anda perlu membiarkan kulkas terbuka dan letakkan kipas angin menyala di depannya agar angin dari kipas bisa langsung berinteraksi dengan bagian dalam kulkas. Cara ini terbukti sangat cepat dan efektif dalam mencairkan bunga-bunga es sehingga bagian freezer menjadi bersih kembali.

5. Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Aliran listrik yang masuk ke rumah mempengaruhi kinerja perangkat elektronik, termasuk kulkas. Listrik yang tidak stabil bisa membuat kulkas menjadi tidak dingin, bahkan rusak.

Agar kompresor kulkas bisa bekerja dengan maksimal dan menghasilkan dingin, aliran listrik yang masuk harus stabil. Untuk mengetahui kondisi listrik di rumah, Anda perlu memanggil perusahaan listrik terkait seperti PLN.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak dingin serta cara mengatasinya. Jika Anda masih tidak menemukan jalan keluar, segera ganti kulkas dengan yang baru supaya rutinitas menyimpan makanan tidak terganggu.

Kebetulan, saat ini lagi ada diskon dari Polytron hingga 70% di AladinMall ! Nggak cuma itu, belanja di AladinMall juga gratis ongkir tanpa batas! Yuk, download aplikasinya di Google Play Store dan App Store buat belanja sebelum kehabisan karena promonya terbatas!
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)