3 Jajanan Pasar Indonesia Masuk 10 Besar Kue Paling Populer di Asia, Apa Saja?

Minggu, 12 November 2023 - 19:00 WIB
loading...
3 Jajanan Pasar Indonesia Masuk 10 Besar Kue Paling Populer di Asia, Apa Saja?
Tiga jenis jajanan pasar asal Indonesia masuk dalam daftar 10 besar kue paling populer di Asia menurut situs panduan kuliner dunia asal Kroasia, Taste Atlas. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Tiga jenis jajanan pasar asal Indonesia masuk dalam daftar 10 besar kue paling populer di Asia menurut situs panduan kuliner dunia asal Kroasia, Taste Atlas.

Kue asal Indonesia yang masuk dalam daftar yang dirilis pada November 2023 itu adalah kue lapis, kue putu, dan lapis legit.

Kue lapis menempati urutan ke-5 dengan perolehan skor 4.1. Dalam situs tersebut dikatakan bahwa kue lapis atau kuih lapis adalah makanan penutup tradisional Indonesia yang juga populer di Malaysia, Suriname, Brunei, dan Singapura.



Kue ini biasanya dibuat seperti puding berlapis lembab yang terdiri dari tepung beras, sagu, gula pasir, garam, santan, dan pewarna makanan merah, hijau, atau merah muda. Kue ini kemudian dikukus dan hasil akhirnya mirip puding berlapis. Sebelum dipotong dan disajikan, kue lapis harus dibiarkan hingga benar-benar dingin.

Jika dibuat dengan benar, makanan penutup ini akan memiliki tekstur yang kenyal, lengket, dan kenyal.

Lalu, kue putu menempati urutan ke-7 dengan perolehan skor 4.3. Dijelaskan dalam situs tersebut bahwa kue putu biasanya dijual oleh pedagang kaki lima. Kue kukus ini diolah dari tepung ketan yang dibumbui dan diwarnai dengan daun pandan.

Adonannya kemudian dikukus secara tradisional dalam tabung bambu, sedangkan bagian tengah kuenya diisi gula aren. Saat dikukus, kue ini biasanya ditaburi kelapa parut segar.

Kue putu dan variasi serupa dari makanan ringan berwarna hijau ini juga ditemukan di Malaysia dan Filipina.

Beberapa orang juga percaya bahwa kue putu mungkin terinspirasi oleh puttu, yakni makanan ringan serupa yang berasal dari India.

Kue tradisional khas Indonesia selanjutnya yang masuk dalam 10 besar kue paling populer di Asia adalah lapis legit.

Dijelaskan dalam situs Taste Atlas, lapis legit merupakan kue lapis tradisional yang berasal dari Indonesia, yang dibuat di bawah pengaruh masakan Belanda. Kue ini terdiri dari 18 hingga 30 lapisan kuning telur, gula, tepung, mentega, dan rempah-rempah yang dipanggang secara terpisah seperti bunga pala, pala, cengkeh, dan kayu manis.

Lapis Legit pada dasarnya adalah kue loyang Eropa versi Indonesia. Namun, kue ini tidak dipanggang di atas loyang yang berputar, melainkan loyang berbentuk persegi.

Penting untuk tidak bingung membedakan kue ini dengan kuih lapis (kue lapis), karena lapis legit dipanggang dan tidak dikukus seperti kue lapis.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4280 seconds (0.1#10.140)