Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Siang, Ini Efek Sampingnya

Selasa, 14 November 2023 - 07:25 WIB
loading...
Bahaya Minum Kopi Setelah Makan Siang, Ini Efek Sampingnya
Minum kopi setelah makan siang bisa menyebabkan bahaya untuk kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Namun, tidak semua orang menyadari efek sampingnya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Minum kopi setelah makan siang bisa menyebabkan bahaya untuk kesehatan yang tidak boleh dianggap sepele. Namun, tidak semua orang menyadari efek sampingnya dan telah menjadikan minum kopi usai makan sebagai kebiasaan yang dilakukan sehari-hari.

Beberapa orang memilih kopi yang kuat usai makan siang yang berat atau untuk membuat Anda tetap beraktivitas sepanjang hari. Faktanya, kebiasaan menikmati secangkir kopi setelah makan bisa berdampak pada kesehatan dan penampilan Anda.

Ada beberapa bukti menunjukkan bahwa minum kopi setelah makan siang dapat memperlambat kemampuan tubuh untuk menyerap mineral dan zat besi setelah makan. Meskipun minuman ini mengandung antioksidan yang bermanfaat, konsumsi setelah makan akan mengikat zat besi dan mineral lain dalam makanan dan suplemen untuk menghambat penyerapan.



Di sisi lain, minum kopi saat makan dapat mengurangi penyerapan zat besi hingga 80 persen sekaligus mengurangi penyerapan mineral seperti seng, magnesium, dan kalsium. Jika Anda menikmati minum kopi setelah makan siang, cobalah menunggu setidaknya satu jam setelah makan.

Efek Samping Minum Kopi Setelah Makan Siang



Berikut efek samping minum kopi setelah makan siang dilansir dari Brightside, Selasa (14/11/2023).

1. Membuat Kulit Kering


Secangkir kopi nikmat dapat membangunkan Anda di pagi hari dan bermanfaat bagi kesehatan dalam banyak hal. Namun meminumnya langsung setelah makan tidak akan membuat tubuh Anda mendapatkan semua nutrisi dari makanan dan dapat mengurangi penyerapan zat besi.

Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup zat besi, hal ini akan berdampak pada Anda dalam berbagai cara, terutama pada kulit. Kulit mungkin menjadi lebih pucat dan kering dari biasanya sehingga membuat kerutan lebih terlihat.

2. Merusak Gigi


Minum kopi tepat setelah makan dapat memperlambat kemampuan tubuh dalam menyerap mineral penting lainnya, termasuk kalsium. Tubuh secara alami kehilangan kalsium melalui rambut dan kulit, dan tubuh membuangnya melalui keringat dan urine.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4930 seconds (0.1#10.140)