5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Bisa Bikin Kambuh

Selasa, 14 November 2023 - 16:03 WIB
loading...
5 Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat, Bisa Bikin Kambuh
Ada sejumlah sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat. Salah satunya kembang kol karena tinggi purin. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat . Hal ini karena kandungannya yang bisa menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Sayur merupakan salah jenis makanan yang punya banyak manfaat. Terlepas dari khasiatnya, ada beberapa yang disarankan untuk dihindari, terlebih bagi Anda yang memiliki masalah asam urat.

Bukan tanpa alasan, sayuran tersebut dihindari karena kandungan purin yang relatif tinggi. Apabila dibiarkan, hal tersebut ditakutkan dapat memperparah kondisi asam urat.

Lantas, apa sajakah sayuran yang tidak boleh dimakan penderita asam urat? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut di antaranya.

Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan Penderita Asam Urat


1. Bayam


Bayam menjadi salah satu jenis sayuran yang disukai berbagai kalangan. Sayuran ini bisa diolah menjadi beragam hidangan lezat yang menggugah selera.



Selain itu, bayam juga diketahui memiliki banyak kandungan bermanfaat, termasuk vitamin. Namun, sayuran ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi penderita asam urat.

Alasannya karena bayam dianggap memiliki kandungan purin tinggi. Menurut American Academy of Family Physicians, jenis sayuran populer tersebut masuk dalam kategori tinggi purin.

2. Asparagus


Berikutnya ada asparagus. Sayuran hijau mirip pakis ini juga bisa diolah menjadi berbagai hidangan yang enak.

Dalam kandungannya, asparagus kaya akan kalium dan folat. Namun, kandungan purinnya juga cukup tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)