Mengapa Coldplay Jadi Salah Satu Band Inggris Paling Sukses? Kenali Gaya Musiknya

Rabu, 15 November 2023 - 04:57 WIB
loading...
Mengapa Coldplay Jadi Salah Satu Band Inggris Paling Sukses? Kenali Gaya Musiknya
Coldplay menjadi salah satu band rock asal Inggris paling sukses di dunia. Tengok saja penjualan album Parachutes, terjual lebih dari 100 juta kopi. Foto/ Instagram.
A A A
JAKARTA - Coldplay menjadi salah satu band rock asal Inggris paling sukses di dunia. Tengok saja penjualan album pertama mereka berjudul Parachutes yang dirilis pada 2000. Album tersebut terjual lebih dari 100 juta kopi.

Pengakuan dunia pun terlihat dari Grammy Awards yang diraih dari sejumlah single dan album yang nagkring di nomor satu dunia, serta menjadi headline di beberapa festival musik terbesar di banyak negara.

Kesuksesan Coldplay ini tidak lepas dari gaya musiknya, di mana suara musiknya mampu menarik penggemar dari semua generasi.


Gaya Musik Coldplay

Coldplay dikenal dengan suara rock melodisnya yang sering kali memasukkan unsur rock alternatif dan musik pop yang digerakkan oleh piano.

Musik mereka digambarkan sebagai “emosional dan membangkitkan semangat,” dengan tema cinta, kehilangan dan harapan.

Lagu-lagu Coldplay sering kali diiringi oleh berbagai macam instrumen termasuk gitar, piano, synthesizer, vokal, drum dan kadang-kadang string atau terompet.

Band ini juga memiliki kemampuan unik untuk memunculkan emosi dalam musik mereka, sering kali memadukan chorus yang lebih upbeat dan catchy dengan bait-bait yang lebih lambat dan melankolis.

Kombinasi ini disukai penggemar di seluruh dunia dan menjadikan mereka salah satu band Inggris paling sukses sepanjang masa.

Dampak pada Musik dan Budaya Pop

Dikutip obscuresound pada Selasa (14/11/2023), Coldplay didirikan oleh Chris Martin, Jonny Buckland, Will Champion, dan Guy Berryman pada 1996 saat Chris Martin dan Jonny Buckland kuliah di University College London.

Mereka telah meninggalkan jejak yang tak terhapuskan dalam musik dan budaya pop sejak band ini terbentuk pada 1996.

Musik Coldplay sangat berpengaruh pada genre indie rock, pop dan electronica yang terus mempengaruhi banyak artis kontemporer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4926 seconds (0.1#10.140)