Cobain 5 Cara Mengatasi Batuk Berdahak Ini Yuk!

Kamis, 16 November 2023 - 13:09 WIB
loading...
Cobain 5 Cara Mengatasi Batuk Berdahak Ini Yuk!
Penting mengetahui cara mengatasi batuk di musim penghujan yang telah tiba. Foto/ MNC Media.
A A A
JAKARTA - Musim penghujan telah tiba. Jika tak pandai menjaga kesehatan, tubuh jadi mudah terserang penyakit. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara mengatasi batuk berdahak , salah satu penyakit yang sering muncul di musim ini.

Batuk berdahak dapat terjadi akibat infeksi saluran pernapasan atas. Misalnya seperti pilek atau flu. Selain itu, infeksi bakteri atau virus, bronkitis, pneumonia, asma, alergi, atau paparan zat-zat iritan juga dapat menyebabkan kondisi ini.

Untungnya, terdapat berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan batuk, mulai dari menggunakan cara alami, hingga mengonsumsi obat-obatan.

5 Cara Mengatasi Batuk Berdahak

1. Konsumsi Air Putih Hangat

Minum air putih hangat diketahui mampu mengencerkan dahak yang menempel di belakang tenggorokan sehingga menjadi lebih mudah dikeluarkan. Konsumsi air putih hangat juga dapat mengurangi refleks batuk yang mengganggu di tenggorokan.

Selain itu, cara menghilangkan batuk berdahak satu ini juga mampu membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang turut meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan begitu, proses pemulihan tubuh dari infeksi bakteri atau virus penyebab batuk berdahak bisa berjalan optimal.

2. Menghirup Uap

Selanjutnya, Anda bisa mengatasi batuk berdahak dengan menghirup uap. Untuk melakukannya, cobalah untuk mandi air hangat dan biarkan kamar mandi terisi uap. Lalu, hirup sebanyak-banyaknya.

Cara lainnya, tuangkan air panas ke dalam mangkuk besar. Anda juga bisa menambahkan beberapa tetes minyak esensial. Saat menghirup uap dari mangkuk tersebut, pastikan untuk meletakan handuk di atas kepala. Agar hasilnya efektif, lakukanlah hal ini selama 5 menit atau hingga mangkuk tidak lagi mengeluarkan uap.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1932 seconds (0.1#10.140)