Sebuah Puisi Abadi, Pameran Pariwisata dan Budaya yang Gambarkan Keindahan Provinsi Zhejiang

Kamis, 16 November 2023 - 09:11 WIB
loading...
Sebuah Puisi Abadi, Pameran Pariwisata dan Budaya yang Gambarkan Keindahan Provinsi Zhejiang
Tiongkok dan Indonesia adalah dua negara kuno di Asia, keduanya memiliki budaya yang kaya dan cemerlang. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Tiongkok dan Indonesia adalah dua negara kuno di Asia, keduanya memiliki budaya yang kaya dan cemerlang. Lebih dari 2000 tahun yang lalu, Jalur Sutra Maritim membawa Zhejiang dan Indonesia menjadi terhubung erat.

Pada tahun ini, bersamaan dengan peringatan 10 tahun Hubungan Kemitraan Strategis Komprehensif antara Tiongkok dan Indonesia serta 10 tahun diusulkannya inisiatif "Sabuk dan Jalan", diadakan Pameran Pariwisata dan Budaya bertema "Sebuah Puisi Abadi"( A Poem for Ten Thousand Years) yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Zhejiang dan disponsori oleh Pemerintah Provinsi Zhejiang berhasil diadakan di Art:1 New Museum, Jakarta.

Direktur Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Zhejiang, Chen Guangsheng mengungkapkan, Zhejiang tidak hanya memiliki keindahan alam yang indah, tetapi juga mempunyai warisan budaya yang kaya dan mendalam.

"Budaya adalah ikatan yang selalu menghubungkan Zhejiang dengan Indonesia dalam pertukaran dan kerja sama. Ia berharap, kedua daerah ini dapat memanfaatkan pameran tersebut sebagai kesempatan untuk terus memperluas pertukaran budaya di bawah inisiatif "Sabuk dan Jalan", mempromosikan pertukaran peradaban, dan meningkatkan kerjasama saling menguntungkan," kata Chen dalam Pembukan Pameran 'A Poem for Ten Thousand Years', di Jakarta, Rabu (15/11/2023).

Dalam kesempatannya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, bahwasanya pameran ini patut diapresiasi karena menjadi salah satu bentuk kerja sama dengan Provinsi Zhejiang yang berkesempatan dihadirkan di Jakarta.



"Apresiasi sebuah puisi abadi kerja sama dari Zhejiang dan di mana pameran pariwisata dan budaya Zhejiang di tampilkan di Jakarta," jelas Sandiaga.

Menurutnya, selain mendukung eratnya hubungan China dan Indonesia secara budaya, juga mengingatkan antar kedua negara dapat membangun hubungan bilateral yang lebih kuat.

"Secara budaya kedekatan kedua negara ini dari segi, bagaimana kita bisa membangun hubungan bilateral yang lebih kuat," ujar Sandiaga.

Sandiaga menambahkan, pihaknya juga menyasar promosi ke kawasan Tiongkok tak hanya hubungan nusantara, tapi juga produk-produk ekonomi kreatif dapat diekspor Tiongkok. Sehingga nantinya dapat membuka peluang usaha lapangan kerja di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1154 seconds (0.1#10.140)