Catat Moms! Ini Cara Mencegah Ruam Popok pada Bayi

Kamis, 16 November 2023 - 20:50 WIB
loading...
Catat Moms! Ini Cara Mencegah Ruam Popok pada Bayi
Ruam popok sangat umum terjadi pada bayi. Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, tapi ini bisa membuat si kecil rewel seharian. Foto/AladinMall
A A A
JAKARTA - Ruam popok sangat umum terjadi pada bayi. Meski bukan tergolong penyakit berbahaya, tapi ini bisa membuat si kecil rewel seharian. Oleh karena itu, bunda wajib mengetahui cara mencegah ruam popok agar tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Ruam popok merupakan suatu peradangan pada bayi di area yang tertutup popok dan ditandai dengan bintik-bintik kemerahan. Munculnya ruam popok sering dikaitkan dengan popok basah yang tidak segera diganti, sensitivitas kulit, dan peradangan.

Berikut adalah beberapa cara mencegah ruam popok yang bisa bunda lakukan di rumah.


Cara Mencegah Ruam Popok

1. Lebih Sering Mengganti Popok

Penyebab utama ruam popok adalah area kulit yang terlalu lama kontak dengan tinja, urine, dan keringat bayi. Dengan menambah frekuensi pembersihan pantat bayi dan mengganti popoknya, risiko ruam popok bisa diminimalisasi.

2. Gunakan Krim Diaper

Krim diaper dengan kandungan seng atau petroleum jelly yang dapat membantu menjaga kulit bayi tetap lembut dan terlindungi dari kotoran dan kencing. Berhenti menggunakan bedak juga meminimalisir risiko si kecil untuk menghirupnya yang bisa berbahaya bagi kesehatannya.

3. Gunakan Ukuran Popok yang Sesuai

Sesuaikan ukuran popok dengan bayi Anda. Jangan menggunakan popok yang terlalu ketat. Popok yang terlalu ketat bisa membuat kulit bokong bayi lebih mudah lembap, sehingga lebih rentan terjadi peradangan.

Gunakan popok dengan satu ukuran lebih besar selama bayi Anda menjalani masa penyembuhan dari ruam popok. Apabila popok sekali pakai merek tertentu menyebabkan kulit bayi Anda iritasi, ganti dengan merek lainnya.

4. Bersihkan Bokong Bayi Setiap Mengganti Popok

Bersihkan dengan baik seluruh bagian kulit yang sering tertutup popok, terutama saat mengganti popok. Ini termasuk pada setiap lipatan kulit. Sebagai langkah mengganti popok, Anda bisa menyeka bokong bayi dengan air hangat. Cukup siram air hangat ke bokong bayi dengan tangan Anda atau menggunakan gayung.

5. Keringkan Area Genital Bayi Sebelum Memakaikan Popok yang Baru

Setelah bokong bayi bersih, pastikan untuk mengeringkannya dengan benar. Sebab, kulit yang masih terasa lembap dan langsung ditutupi popok akan rawan mengalami ruam. Jadi, jangan luput untuk mengeringkan bokong bayi sampai benar-benar kering, ya!

Caranya pun tidak boleh sembarangan. Bunda hanya perlu menepuk-nepuk lembut bokong si kecil dengan handuk bersih yang kering. Kemudian, angin-anginkan dulu bokong bayi sebentar sebelum memakaikan popok yang baru.

Itulah beberapa cara mencegah ruam popok yang bisa bunda terapkan. Jangan lupa, beli semua keperluan si kecil di AladinMall supaya lebih hemat karena lagi ada flash sale setiap hari sekaligus gratis ongkir tanpa batas!

Penasaran? Makanya, download aplikasi AladinMall sekarang juga di Google Play dan App Store buat belanja sebelum kehabisan karena promonya terbatas!
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2364 seconds (0.1#10.140)