Jadi Lebih Awet, Begini Tips Merawat Peralatan Dapur yang Patut Dicoba

Jum'at, 17 November 2023 - 15:10 WIB
loading...
Jadi Lebih Awet, Begini Tips Merawat Peralatan Dapur yang Patut Dicoba
Dapur beserta perabotannya kerap menjadi ruangan yang kurang diperhatikan. Padahal, melalui peralatan dapur dapat tercipta kehangatan dan kenyamanan. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Dapur beserta perabotannya kerap menjadi ruangan yang kurang diperhatikan. Padahal, melalui peralatan dapur dapat tercipta kehangatan dan kenyamanan di dalam keluarga melalui hidangan lezatnya.

Oleh sebab itu, peralatan dapur perlu dirawat supaya awet dan dapat berfungsi dengan baik saat digunakan. Jika peralatan dapur dirawat dengan baik, maka dapat digunakan dalam jangka panjang yang membuat pengeluaran Anda jadi lebih hemat.

Tips Merawat Peralatan Dapur





1. Perhatikan Panduan Perawatan Produk


Ketika Anda membeli peralatan memasak , produsen akan memberikan panduan untuk merawat sehingga sangat disarankan untuk membaca dengan seksama panduan tersebut. Setiap produk pasti memiliki cara perawatan berbeda-beda dan produsen pasti sangat memahami bagaimana merawat produk tersebut dengan baik.

2. Segera Bersihkan Peralatan Dapur Usai Digunakan


Setelah selesai memasak, segera cuci peralatan dapur seperti panci, wajan, spatula, sendok, piring, baskom, dan yang lainnya . Pasalnya, mendiamkan alat kotor bisa menimbulkan bau tidak sedap akibat makanan yang membusuk serta memicu pertumbuhan bakteri.



3. Keringkan dengan Baik


Pasca mencuci peralatan dapur , jangan langsung disimpan di tempat asal. Pastikan peralatan dapur Anda benar-benar kering terlebih dahulu. Sebab, kelembapan yang tersisa bisa menyebabkan karat atau pertumbuhan jamur.

Anda bisa mengelap peralatan dengan kain bersih dan lembut. Jika memungkinkan, biarkan peralatan dapur mengering secara alami di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik, khususnya berlaku untuk peralatan seperti panci, wajan, dan talenan kayu.

4. Ketahui Cara Menyimpan Peralatan Dapur yang Tepat


Gunakan rak atau wadah untuk membantu menjaga peralatan dapur agar tidak saling bersentuhan langsung satu sama lain, mencegah goresan dan kerusakan. Sementara untuk peralatan yang lebih sensitif seperti pisau sebaiknya disimpan dalam sarung atau blok pisau khusus.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2928 seconds (0.1#10.140)