Bantu Misi Entaskan Limbah Plastik, Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah di Sungai Cisadane

Jum'at, 17 November 2023 - 19:57 WIB
loading...
Bantu Misi Entaskan Limbah Plastik, Coldplay Sumbang Kapal Pembersih Sampah di Sungai Cisadane
Coldplay menyumbangkan satu kapal pembersih sampah bernama Neon Moon II. Kapal ini akan ditempatkan di Sungai Cisadane yang membentang di wilayah Tangerang. Foto/Instagram The Ocean Cleanup
A A A
JAKARTA - Coldplay masih menjadi perbincangan hangat usai menggelar konser di Jakarta pada Rabu (15/11/2023) malam lalu. Bukan hanya hits mereka yang jadi perbincangan, tapi juga aksi sosial band Inggris yang digawangi oleh Chris Martin itu.

Aksi sosial yang dilakukan Coldplay adalah menyumbangkan satu kapal pembersih sampah bernama Neon Moon II. Kapal ini akan ditempatkan di Sungai Cisadane yang membentang di wilayah Tangerang.



Berdasarkan pantauan di akun Instagram The Ocean Cleanup, Coldplay menyiapkan sebuah kapal pembersih sampah Neon Moon II. Sebelumnya, Coldplay menyumbang Neon Moon I untuk Malaysia sebagai bentuk dukungan mereka dalam isu kerusakan lingkungan.

"Coldplay melanjutkan dukungan misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dengan mengadopsi Interceptor kedua mereka, Interceptor 020 alias Neon Moon II akan ditempatkan di Sungai Cisadane di Jakarta," tulis The Ocean Cleanup dalam keterangan unggahannya di Instagram, dikutip Jumat (17/11/2023).

Sungai Cisadane dipilih oleh Coldplay dan The Ocean Cleanup untuk ditempatkan kapal pembersih sampah karena pamornya sebagai tempat pembuangan limbah. Bahkan, citra buruk itu sudah diberitakan media-media internasional.

The Ocean Cleanup sendiri merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang lingkungan hidup. Kerja sama dengan Coldplay dimulai pada 2018, yang diawali dengan mensponsori Interceptor 005.



“Sangat menyenangkan bagi kami untuk melibatkan Coldplay dan bersama-sama memberikan dampak besar melawan polusi plastik di Asia. Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada Coldplay atas bantuan mereka, dan kami tidak sabar untuk segera melihat Neon Moon II beraksi dan mencegat sampah,” kata Boyan Slat, Pendiri dan CEO The Ocean Cleanup.

The Ocean Cleanup merasa beruntung atas dukungan finansial dari semua mitra, termasuk Coldplay, yang memungkinkan merealisasikan proyek ini. Penerapan Interceptor 020 merupakan bagian dari Kemitraan Implementasi Global The Ocean Cleanup untuk menjaring sampah plastik di Cisadane.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1383 seconds (0.1#10.140)