Ubur-Ubur Serbu Pantai Mayangan di Probolinggo, Sandiaga Uno Minta Wisatawan Hati-Hati

Senin, 20 November 2023 - 23:40 WIB
loading...
Ubur-Ubur Serbu Pantai Mayangan di Probolinggo, Sandiaga Uno Minta Wisatawan Hati-Hati
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah berusaha menangani fenomena ubur-ubur yang menyerbu pantai di Probolinggo. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Media sosial sempat dihebohkan dengan fenomena jutaan ubur-ubur yang menyerbu Pantai Mayangan di Probolinggo, Jawa Timur. Fenomena ini mencuri perhatian lantaran diduga menandakan kondisi laut yang tidak baik-baik saja.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah berusaha menangani fenomena tersebut. Ia terus berkoordinasi dengan otoritas setempat terkait fenomena alam yang sempat menghebohkan wisatawan itu.

“Ini adalah fenomena alam dan kita masih koordinasikan dengan dinas setempat,” jelas Sandiaga dalam Weekly Brief with Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023).



Sandiaga meminta wisatawan untuk terus berhati-hati dan memprioritaskan keamanan mereka. Apalagi, ubur-ubur termasuk hewan beracun sehingga wisatawan perlu ekstra waspada saat menikmati destinasi wisata laut.

Sandiaga menegaskan, kenyamanan dan keselamatan wisatawan adalah hal yang utama sehingga fenomena ini masih akan terus dipantau agar tak semakin mengkhawatirkan.

“Mohon wisatawan berhati-hati dan menjaga keselamatan. Tentunya kita ingin wisata itu aman nyaman dan menyenangkan,” tambahnya.

Sebagai informasi, akun X milik @projectm_org sempat mengabadikan kondisi Pantai Mayangan yang diserbu jutaan ubur-ubur. Fenomena itu diduga karena ada penangkapan ikan berlebihan dan perubahan iklim.

Adapun dugaan serbuan ubur-ubur itu akibat eutrofikasi, yakni kondisi ketika terjadi peningkatan kesuburan yang berlebihan sehingga mengakibatkan peningkatan kandungan klorofil yang tinggi di laut. Fenomena itu meningkatkan jumlah plankton yang merupakan santapan bagi ubur-ubur.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1931 seconds (0.1#10.140)